Sambangi Warga Rutan, Penyuluh KUA Kecamatan Bantaeng Ini Sampaikan Keteladanan Rasulullah

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Didampingi petugas Rutan Klas II Bantaeng bapak Makmur dan bapak Sukku, Penyuluh KUA Kec. Bantaeng Abd Azis Lallo, S.Ag dan Ustadz Muh. Idrus Azis, S.Pd.I memberikan bimbingan penyuluhan keagamaan kepada para warga binaan Rutan pada Selasa, 27 November 2018.

Pada Bimbingan Penyuluhan Agama Islam yang dijadwalkan pada setiap hari selasa jam 08.00 - 09.00. Wita kali ini, Ust Azis Lallo menyampaikan materi ceramah dengan tema Keteladanan Rasulullah SAW.

Azis Lallo menyampaikan, ada dua hal yang hampir hilang dalam kehidupan saat ini. Yang pertama yakni bahwa kita kadang kurang berhati-hati terhadap apa yang akan kita makan.

Aisyah istri tercinta Rasulullah SAW berkata: Rasulullah pernah gelisah di tempat tidurnya, tidak sempat tertidur sampai jelang subuh, ketika ditanya ya Rasulullah apa yang membuatmu tidak bisa tidur, Nabi menjawab saya memungut sebiji kurma di pinggir jalan, karena khawatir busuk maka aku memakannya.

Inilah yang membuat beliau gelisah sehingga tidak bisa tertidur. Ini menunjukkan betapa beliau sangat berhati-hati terhadap makanan yang beliau makan. Nah, adakah diantara kita yang pernah gelisah akibat memakan makanan yang tidak jelas halal haramnya. Yang ada bahkan banyak orang yang gembira memakan hak orang lain". Tutur Ustadz Azis.

Yang kedua adalah bahwa kita kadang enggan untuk menutup aib saudara kita, yang ada malah kita senang membukanya.

Ustadz Azis mengisahkan, ada seorang ulama yang sangat mencintai Rasulullah, hingga rela dipanggil ulama tuli hanya karena ingin menutupi rasa malu seorang jamaah ibu-ibu yang kentut di depannya ketika sedang berceramah.

"Karena Nabi pernah berpesan dalam sabdanya : siapa yang menutup aib saudaranya di dunia, maka Allah akan menutup aibnya di akhirat". Ucap Azis.

"Lantas bagaimana dengan keadaan saat ini, Bukankah banyak yang tega membuka aib saudaranya hanya untuk kepentingan tertentu?. Tanya Azis menutup ceramahnya

Usai tauziyah yang disampaikan oleh penyuluh KUA Kec. Bantaeng ini, Makmur menyampaikan kepada segenap warga binaan Rutan Kelas II Bantaeng bahwa jika kita mampu meneladani Rasulullah yang disampaikan oleh ustaz tadi maka kita akan dapat kedamaian di dalam hidup. (azis/mhd)