Kakan Kemenag Bantaeng Hadiri Rapat Evaluasi Pemberangkatan Dan Persiapan Pemulangan Jemaah Haji

Makassar, (Inmas Makassar) - Dalam rangka Pemulangan Jamaah Haji Embarkasi Makassar musim haji tahun 1440 H/2019 M, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Rapat Pemantapan bertempat di Aula Haji Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (15/8/2019).

Rapat yang dipimpin oleh Plt Kabid Haji H. Natsir yang juga Kabid Urais ini dibuka secara resmi oleh Kakanwil H. Anwar Abubakar.


Rapat dihadiri oleh Kepala UPT Asrama Haji Sudiang, Perwakilan Polda Sulsel, Petugas Imigrasi Sulawesi Selatan, Pihak Maskapai Garuda, Petugas Bea Cukai, Otoritas Bandara, dan seluruh panitia Pemulangan Embarkasi Makassar.

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten se Sulawesi Selatan, termasuk bapak Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus,M

Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana karena proses Embarkasi kemarin berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

Menurut jadwal, Kloter pertama Debarkasi Makassar akan tiba Tanggal 18 Agustus 2019, sementara jemaah haji Kab. Bantaeng yang tergabung dalam kloter 22 bersama jema'ah haji Kab. Bone, Kab. Gowa dan Prov. Papua Barat akan tiba di Bandara Sultah Hasanuddin pada tanggal 2-September 2019

Beberapa hal yang digaris  oleh Anwar terkait beberapa masalah yang setiap tahun menjadi kendala diantaranya mengenai keluarga yang menjemput jamaah haji di asrama haji.

Kakanwil juga mengungkapkan kepada seluruh panitia agar memperhatikan jumlah air zamzam yang dibawah ke daerah masing-masing agar tidak terjadi kekurangan jumlah. Selain itu  juga terkait dengan barang bawaan jamaah haji perlu dipahami prosesnya.

Diakhir sambutannya Kakanwil memohon keaktifan para panitia pemulangan masing-masing untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan juga meminta membantu menjawab soal hoax banjir yang tersebar di media sosial tentang banjir yang terjadi di Mekah.

Dalam kesempatan tersebut pimpinan Rapat H. Natsir memberikan kesempatan kepada beberapa instansi untuk memaparkan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan atau dibutuhkan dalam proses pemulangan jamaah haji.

Sementara itu, Perwakilan Garuda Airlines mengungkapkan bahwa hingga saat ini jadwal pemulangan masih On Schedule karena pesawat yang menjemput jamaah haji saat ini berada di Kota Madrid dan langsung menuju ke Madinah utuk menjemput Jamaah haji.

Selain itu Otoritas Bandara, Winarto  juga mengungkapkan bahwa Air Seat Bus dan Aula Arafah harap disterilkan yang merupakan tempat paling secure karena masih termassuk international area.

Pihak beacukai pun turut berbicara dalam persiapan pemulangan jamaah haji, “Secara Kepabeanan kita lebih konsesn pemulangan dari pada embarkasi kemarin jadi kami sama dengan pihak otoritas bandara untuk mensterilkan aula bagasi dan aula penerimaan agar dapat dengan cepat melaksanakan tugas pemeriksaan kepada para jamaah haji.