Bupati Bantaeng Meresmikan Masjid dan Rusunawa di Penamatan Santri As'adiyah Dapoko

Bantaeng (3/6/15) - Ponpes As'adiyah Dapoko dibawah naungan Yayasan Pendidikan H. Muh. Anas mengadakan acara Peringatan Is'ra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW yang dirangkaikan dengan Penamatan santri sekaligus peresmian Masjid dan Pembangunan Rusunawa (Asrama Putra) di kompleks Ponpes As'adiyah Dapoko, Kec. Eremerasa Kab. Bantaeng oleh Bapak Bupati Bantaeng Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. (Rabu, 3/6/2015).


Dalam penamatan yang dihadiri oleh Bapak Bupati, Kakan Kemenag Bantaeng dan unsur Muspida serta beberapa Pejabat Pemkab Bantaeng ini hadir pula "Anre Gurutta" Prof. Dr. KH. Muh. Rafi Yunus Martan, MA, Pimpinan pusat Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang, Wajo.

Dalam sambutannya, "Anre Gurutta" menyatakan sangat kagum dan bangga dengan kondisi Ponpes As'adiyah Dapoko saat ini yang telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam pengadaan sarana dan prasaran penunjang proses belajar mengajar Ponpes. Ini tidak terlepas dari bantuan dan peran serta dari seorang pemimpin yang sangat peduli dengan lembaga pendidikan keagamaan. Beliau menceritakan bahwa, di Ponpes As'adiyah pusat Sengkang Wajo saat ini juga mendapatkan proyek Rusunawa untuk Asrama Santri dari Kementerian Perumahan Rakyat, namun dalam pengurusannya mengalami beberapa kendala karena harus mengurus langsung ke Kementerian Perumahan Rakyat, beda dengan Ponpes As'adiyah Dapoko Bantaeng yang difasilitasi langsung oleh Bapak Bupati Bantaeng ke kementerian Perumahan Rakyat, sehingga patutlah kiranya jika pengurus dan segenap santri Ponpes As'adiyah Dapoko merasa bersyukur dan bangga punya Bupati seperti bapak Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr.

Lebih lanjut Prof Dr. KH. Muh Rafi Yunus Martan, MA menyampaikan bahwa, meskipun Ponpes As'adiyah Dapoko merupakan Cabang dari Ponpes As'adiyah Sengkang, Wajo, namun secara Hukum dan kelembagaan, Ponpes As'adiyah Dapoko memiliki 'hak otonomi" penuh terhadap lembaganya sendiri. Artinya, baik dari segi Administrasi maupun dari segi "Asset" yang dimiliki  menjadi hak milik penuh Ponpes As'adiyah Dapoko Bantaeng. Ponpes As'adiyah Cab. Dapoko dengan Ponpes As'adiyah Pusat Sengkang, Wajo hanya memiliki hubungan primordial, yaitu hanya mempunyai hubungan nama lembaga saja.



Senada dengan Anre Gurutta, Prof Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M. Agr, dalam sambutannya, juga mengakui bahwa dalam kurun waktu 7 tahun terakhir, sejak beliau terpilih untuk pertama kalinya menjadi Bupati Bantaeng tahun 2008, Ponpes yang memiliki santri 400 orang lebih ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Beliau teringat 7 tahun yang lalu waktu KM. Hamzah Israil datang menemui beliau dan menyampaikan keinginannya hendak membangun Masjid di dalam kompleks Ponpes, namun belum berani karena belum mempunyai kemampuan dana yang cukup untuk memulai. Akan tetapi, atas bantuan semangat dan tentunya sokongan dana dari bapak Bupati waktu itu, akhirnya pembangunan Masjid dalam lingkungan Ponpes dapat dimulai peletakan batu pertamanya, hingga akhirnya dapat diresmikan pada hari ini.

Penamatan yang merupakan yang ke VI kalinya untuk tingkat MTs dan ke III untuk tingkat MA, dengan jumlah santri yang diwisuda sebanyak 101 orang yang terdiri dari 38 orang tingkat MA dan 63 orang tingkat MTs ini menghadirkan KH. Amrullah Dg. Sibali dari Makassar sebagai pembawa Hikmah Is'ra' Mi'raj Nabi Besar Muhammadi SAW.