Sikapi Fenomena Rashdul Qiblah, Penyuluh Kemenag Bantaeng Kumpul di Seruni

Bantaeng, (Humas Bantaeng) - Dalam rangka menyikapi fenomena Rashdul Qiblah yang terjadi pada hari Jum'at tanggal 27 Mei 2016, Kantor Kemenag Bantaeng melalui Penyelenggara Syariah bersama dengan segenap Penyuluh Agama Islam dibawah koordinasi Sek Pokjaluh Sofyan Yasri, S.Ag, M.Sos.I berkumpul di pantai seruni Bantaeng.

Peristiwa Rashdul Qiblah yang terjadi pada pukul 17.18. Wita atau pukul 12.18 waktu Arab Saudi tersebut oleh Sofyan Yasri dan kawan-kawan dimanfaatkan dengan mengundang para pemerhati arah kiblat baik pribadi maupun pengurus Masjid/Mushallah dan bilkhusus Penyuluh Fungsional (PNS & Non PNS) Kemenag Bantaeng untuk berkumpul di pantai seruni Bantaeng guna melakukan pengukuran atau pengecekan kembali arah kiblat dengan menggunakan alat ukur baik yang kompensional maupun manual seperti, kompas sajadah, kompas arah kiblat, GPS, bandul, tongkat bayang dan lain-lain.

Hadir pada kegiatan tersebut Ka. Peny. Syariah Kantor Kemenag Bantaeng Saharuddin Basira, S.Ag, M.M beserta staf serta segenap pemerhati arah kiblat lainnya. Menurut Sofyan Yasri sang penggagas kegiatan ini, "Karena Bantaeng adalah wilayah yang waktu Rashdul Kiblat nya terjadi pada pukul 17.18 wita, kemungkinan tidak semua wilayah dapat menerima bayangan matahari tersebut, untuk itu Pantai Seruni adalah lokasi yang paling tepat untuk berkumpul dan melakukan pengukuran tersebut". Disamping itu menurut Sofyan Yasri, moment ini juga dijadikan sebagai ajang pembelajaran bagi pemerhati arah kiblat yang memiliki alat manual. Demikian Sofyan Yasri memotivasi para anggotanya baik secara langsung maupun melalui media sosial.