Kultum Perdana Semarakkan Ramadhan 1438 H Di Kantor Kemenag Bantaeng Diisi HM Ribi

Bantaeng, (Humas Bantaeng) - Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1438 H di lingkungan Kantor Kemenag Bantaeng, Kakan Kemenag H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag, canangkan kegiatan amaliah bagi segenap jajarannya.

Kegiatan amaliah yang dimaksud tersebut adalah Kultum (Kuliah Tujuh Menit) dan Khatamul Qur'an 1 Day 30 Juz bagi para karyawan Kantor Kemenag Bantaeng yang digelar di Mushallah Al Ikhlas Kantor Kemenag Bantaeng selama bulan suci Ramadhan.

Menyikapi itu, Kasubag TU H. Muh Ahmad Jailani, S.Ag, MA kemudian mengkoordinir giatan tersebut. Diawali dengan Shalat Dhuhur secara berjamaah dengan diikuti oleh segenap karyawan Kantor Kemenag Bantaeng kecuali bagi ibu-ibu yang berhalangan, giatan amaliah Ramadhan dilanjutkan dengan Kultum (Kuliah Tujuh Menit).

Kultum perdana di hari ke 4 Ramadhan ini oleh H. Ahmad Jailani kemudian memberikan penghargaan dengan mendaulat Drs. H. M. Ribi, MM, Kepala MA Ma'arif Panaikang Bantaeng untuk membawakan tausiahnya kepada para jemaah.

Dalam tausiahnya yang dibatasi selama 7 menit ini, HM Ribi mangangkat tema tentang larangan menyakiti atau mengganggu Tetangga dengan mengangkat sebuah hadist yang berbunyi:

عَنْأَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أًوْ لِيَصْمُتْ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ. [رواه البخاري ومسلم]


Selengkapnya, tausiah H.M. Ribi dapat disimak pada video di bawah