Penyelenggara Syariah Kemenag Bantaeng Ikuti Pelaksanaan Rukyatul Hilal Tingkat Provinsi Sulsel


Makassar, (Humas Bantaeng) - Dalam rangka penetapan 1 Ramadhan 1438 H, Kementerian Agama Kanwil Sulsel menggelar Rukyatul Hilal Tingkat Provinsi Sulsel yang dipusatkan di GTC Tanjung Bunga Makassar, Jum'at 27 Mei 2017.

Hadir dalam Kegiatan ini Ka. Kanwil Kemenag Prov Sulsel dan beberapa Kepala Bidang serta Kepala Seksi Lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sulsel.

Dalam kesempatan ini hadir pula para Penyelengga Syari'ah Kantor Kemenag Kab/Kota se-Sulsel. Ketua PTA Makassar, Ketua MUI Sulsel, Ketua dan Pengurus Badan Hisab Rukyat Sul-sel.

Tampak beberapa Ormas Islam bersama Tim Rukyahnya masing-masing membawa alat teropong dan sejenisnya untuk merukyah hilal, antara lain, Tim BBMKG, Tim Kemenag Prov.  Sulsel,  Tim UIN, Tim Wahdah Islamiyah, Tim Astronom Amatir Makassar dan lain lain.

Seluruh Tim Rukyah dengan alat masing-masing ini telah stanby sejak sebelum pukul 17.00.wita dengan diliput oleh setidaknya 3 Media Audio Visual antara lain, Metro TV, MNC TV dan CELEBES TV.

Menurut keterangan Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Bangaeng Abd. Halim Yakub, S.Ag, meskipun hasil pemantauan hilal di Makassar ini Hilal tidak terlihat secara kasat mata karena terhalang oleh awan, namun seluruh Tim sepakat dalam hasil perhitungan (Hisab) mereka bahwa tinggi hilal sudah di atas 8 derajat. Sehingga terlihat atau tidaknya hilal dapat dipastikan bahwa 1 Ramadhan sudah mulai malam ini.

Namun secara terpisah dalam Wawancara Ka. Kanwil  Kemenag Prov Sulsel dan Ketua BHR Prov Sulsel menyampaikan kepada Media bahwa ini hanyalah Laporan kita yang akan menjadi bahan pertimbangan Bapak Menteri Agama dalam Sidang Isbat. Dari sanalah kita menunggu keputusannya. Demikian Penyelenggara Syariah Kemenag Bantaeng melaporkan. (Hlm/Mhd).