Bupati Nurdin Abdullah Lepas Secara Resmi JCH Bantaeng Musim Haji 1438 H/2017 M



Bantaeng, (25/7) - Bertempat di Gedung Balai Kartini Kab. Bantaeng, Bupati Bantaeng Prof. Dr. Ir. H M Nurdin Abdullah, M.Agr melepas secara resmi Jemaah Calon Haji (JCH) Kab. Bantaeng Musim Haji Tahun 1438 H / 2017 M, (Selasa, 25/7/2017).

Hadir pada kesempatan ini segenap unsur Forkopimda Kab. Bantaeng, para Camat se Kab. Bantaeng, Kabag Kesra Setda Bantaeng beserta jajarannya, Kasi PHU Kantor Kemenag Bantaeng beserta jajarannya, serta segenap tamu dan undangan lainnya.

Mengawali acara Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng, Bapak H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag, berkesempatan menyampaikan laporan kepada Bapak Bupati Bantaeng beserta segenap tamu dan undangan yang hadir bahwa jumlah keseluruhan Jemaah Calon Haji Kab. Bantaeng yang akan berangkat pada Musim Haji Tahun 1438 H / 2017 M ini adalah sebanyak 185 orang.

Jumlah ini lanjut Kakan Kemenag adalah meningkat dibandingkan jumlah Jemaah Calon Haji tahun lalu (2016, red) yang hanya sebesar 147 jemaah.

Hal ini dikarenakan adanya penambahan kuota dari Pemerintah Arab Saudi atau kembali ke kuota normal pasca selesainya proyek perluasan Masjidil Haram.

Lebih lanjut Kakan Kemenag melaporkan bahwa Jumlah JCH 185 orang ini terdiri dari 113 Jemaah Wanita dan 72 Jemaah Pria.

Adapun JCH Bantaeng ini masih Kakan Kemenag, jika dibagi menurut Kecamatan adalah terdiri dari 37 orang dari Kec. Bantaeng, 10 orang dari Kec. Eremerasa, 32 orang dari Kec. Bissappu, 11 orang dari Kec. Sinoa, 31 orang dari Kec. Uluere, 26 orang dari Kec. Tompobulu, 11 orang dari Kec. Gantarangkeke dan 28 orang dari Kec. Pa'jukukang.

Masih dalam laporannya, Kakan Kemenag menyampaikan bahwa ke 185 JCH Kab. Bantaeng yang hadir di Balai Kartini saat ini akan tergabung dalam 2 Kloter yakni sebanyak 183 orang akan bergabung pada kloter 2 bersama JCH Kab. Soppeng dan sebagian JCH Kota Makassar, sedang 2 orang jemaah lainnya akan tergabung dalam kloter 35 bersama JCH Kab. Bone.

2 orang JCH Bantaeng yang bergabung dengan JCH Kab. Bone pada kloter 35 itu menurut Kakan Kemenag merupakan jemaah cadangan pengisi kuota kosong karena adanya JCH yang meninggal dunia pasca pelunasan BPIH 2017.

Dalam kesempatan itu pula, Kakan Kemenag tak lupa memperkenalkan diri sebagai petugas Pembimbing Ibadah Haji atau petugas TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) untuk Kolter 2 yang akan berangkat tanggal 28 Juli 2017 ini.

Sedang untuk Ketua Kloter atau petugas TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) adalah bapak Mursidin dari Kanwil Kemenag Sulsel, namun dalam kesempatan ini beliau tidak sempat hadir karena sesuatu dan lain hal.

Disamping itu, Kakan Kemenag juga memperkenalkan petugas TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) yang berasal dari Dinas Kesehatan Kab. Bantaeng atas nama Asriani Hamid.

Kepada Bupati Bantaeng serta segenap tamu dan undangan yang hadir, pada kesempatan itu, dilaporkan pula bahwa daftar tunggu pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng hingga hari ini (Selasa, 25/7/2017), sejak 1 Mei 2009 (karena yang berangkat sekarang adalah pendaftar hingga tanggal 30 April 2009), adalah sebanyak 6.533 orang dengan estimasi jika mendaftar sekarang, maka Insya Allah akan berangkat 36 tahun yang akan datang (kuota normal 185).

Akhirnya sebelum mengakhir sambutan sekaligus laporannya, Kakan Kemenag memohon perkenan bapak Bupati Bantaeng untuk melepas secara resmi Jemaah Calon Haji Kab. Bantaeng Musim Haji 1438 H /2017 M yang ditandai dengan penyerahan bendera kloter dan bendera Kabupaten kepada 2 orang perwakilan Ketua Regu dan Ketua Rombongan.

Sementara itu Bupati Bantaeng dalam sambutannya menyampaikan bahwa : "Jemaah Calon Haji Bantaeng ini harus bersyukur, karena akan dipimpin langsung oleh Kakan Kemenag, karena saya tahu Kakan Kemenag ini orangnya sangat peduli, dan Kabupaten lain belum tentu ada yang dipimpin oleh Kakan Kemenagnya sendiri". Kata Bupati NA

Lebih lanjut Kandidat Gubernur Sulsel terpopuler ini menyampaikan bahwa "Kita patut bersyukur kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng beserta jajarannya karena selama 2 tahun berturut-turut ini Kab. Bantaeng selalu mendapat kloter awal yakni kloter 2, itu membuktikan salah satu bentuk kepedulian Kakan Kemenag kita". UjarNA.

Selain itu, Bupati Bantaeng yang akan mengakhiri masa jabatnnya tahun depan ini berpesan: "Tunjukkan bahwa Bantaeng orangnya disiplin dan tertib. Saya berharap jemaah haji Indonesia khususnya Kab. Bantaeng akan menjadi jemaah haji terbaik". Harapnya.

Terakhir, Bupati berharap kepada segenap Jemaah Calon Haji agar menjaga kesehatan dan keselamatan karena keluarga di kampung menanti. Perbanyak melakukan ibadah daripada belanja di Mall, oleh-oleh bisa dibeli di pasar butung saat pulang". Ujarnya,

"Kepada segenap keluarga agar senantiasa mendoakan para jemaah setiap hari dirumah, dan jangan lupa doakan pula Bantaeng agar terus dapat memacu Pembangunan dan Bantaeng tetap dicintai oleh Allah SWT". Demikian Bupati NA mengakhir sambutannya sembari menyatakan bahwa Jemaah Calon Haji Kab. Bantaeng Musim Haji 1438 H / 2017 M, dilepas secara resmi. (Mhd)