Kakan Kemenag Bantaeng Pantau 3 Ujian Akhir Pada 3 Jenjang Pendidikan Hari Ini

Bantaeng, (9/4) - Hari ini (Senin, 9/4/2018), siswa madrasah kembali dijejali dengan sejumlah ujian akhir. Di tingkat Madrasah Aliyah, para siswa kelas XII dihadapkan dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2018, sedang di tingkat MTs, para siswa kelas IX dihadapkan dengan Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) Tahun 2018

Sementara itu pada jenjang Madrasah Diniyah Takmiliah Awwaliyah (MDTA) para santri juga dihadapkan dengan ujian akhir DTA Tahun 2018.

Sehubungan dengan itu, Kepala Kantor Kemenag Bantaeng bapak H. Muhammad Yunus bersama tim berkesempatan melakukan pemantauan di beberapa madrasah pada 3 jenjang pendidikan tersebut diatas dihari pertama pelaksanaan ujian (Senin 9/4).

Kompleks MTs/MA Ma'arif Lasepang Bantaeng merupakan Madrasah pertama yang dikunjungi Kakan Kemenag bersama tim

Di MTs Ma'arif Lasepang, Kakan Kemenag H. Muhammad Yunus berkesempatan menjadi pembina upacara sebelum para siswa memasuki ruang ujian di hari pertama pelaksanaan USBN.

Usai memberikan arahan kepada para peserta USBN, Kakan Kemenag kemudian melakukan pemantauan ujian pada 2 jenjang pendidikan milik LP Ma'arif Bantaeng diatas.

Di MTs Ma'arif Lasepang, sebanyak 131 siswa kelas IX mengikuti USBN hari pertama dengan mata ujian Bahasa Indonesia dan PKN

Sementara di MA Ma'arif Lasepang, Kakan Kemenag juga berkesempatan melakukan pemantauan UNBK pada sesi I di hari I dengan mata ujian Bahasa Indonesia ini dengan total peserta sebanyak 67 orang siswa.

Dari Kompleks LP Ma'arif Lasepang, Kakan Kemenag Bantaeng yang baru tiba semalam dari arena MTQ Luwu Timur setelah selama kurang lebih 10 hari mendampingi kafilah disana, tetap melanjutkan pemantauannya dengan mengunjungi MAN/MTsN Bantaeng di Kec. Gantarangkeke sebagai sasaran pemantauan berikutnya meski rasa lelah dan capek mendera.

Selesai di Kompleks MAN/MTsN Bantaeng, pemantauan dilanjutkan ke madrasah penyelenggara UNBK dan USBN selanjutnya yakni di MA/MTs Al Murahamah Banyorang, Kec. Tompobulu.

Namun sebelumnya, Kakan Kemenag juga berkesempatan memantau pelaksanaan Ujian Akhir MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah) disalah satu penyelenggara yakni MDTA Guppi Jatia, Kel. Lembang Gantarangkeke, Kec. Tompobulu.

Di MA/MTs Al Murahamah Banyorag, Kakan Kemenag bersama rombongan mengakhiri pemantauannya hari ini.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah bersama rombongan serta Kepala Seksi PD Pontren bersama rombongan juga melakukan pemantauan Ujian di hari pertama di beberapa madrasah penyelenggara lainnya.

Berdasarkan pemantauan ujian yang dilaksanakan pada hari pertama ini, secara umum pelaksanaan UNBK tingkat MA serta USBN tingkat MTs dan Ujian Akhir Diniyah Takmiliyah Tahun 2018 ini berjalan dengan lancar dan aman.

Semoga kondisi ini dapat berjalan hingga usai pelaksanaan ujian, utamanya untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 ini. (mhd)