186 Jemaah Calon Haji Bantaeng Resmi Dilepas Hari Ini

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Jelang keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bantaeng, Pemerintah Kab. Bantaeng bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng menggelar acara pelepasan secara resmi atas 186 JCH Kabupaten Bantaeng musim haji tahun 1439 H / 2018 M bertempat di Gedung Balai Kartini Kab. Bantaeng, Rabu, 25 Juli 2018.

Ke 186 JCH Kab. Bantaeng ini menurut jadwal akan diberangkatkan jum'at 27 Juli 2018 pukul 02.00. wita dini hari menuju Makassar dan diterima di Asrama Haji Sudiang tepat pukul 08.00. Wita pagi untuk kemudian terbang menuju Madinah Almunawwarah pada pukul 00.45.wita dini hari tanggal 28 Juli 2018

Dalam kegiatan pelepasan ini, hadir sekaligus melepas secara resmi Jemaah Calon Haji Kab. Bantaeng bapak Sekretaris Daerah Kab. Bantaeng Abd. Wahab, SE, M.Si mewakili Bupati Bantaeng, bersama Ketua DPRD Kab. Bantaeng Abd. Rahman Tompo Kasdim 1410 mewakili DANDIM serta Kepala Kantor Kemenag Bantaeng bapak H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag





Dalam laporannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng menyampaikan antara lain bahwa Quota jemaah haji Kab. Bantaeng musim haji tahun 1439 H / 2018 M ini berjumlah 185 orang ditambah 1 orang TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) atau juga disebut TPKHD (Tim Pemantau Kesehatan Haji Daerah) sehingga keseluruhan jemaah berjumlah 186 orang.

Lebih lanjut Kakan Kemenag melaporkan bahwa pada tahun ini jamaah Kab. Bantaeng masuk pada Kelompok Terbang (Kloter) 15 dan akan bergabung dengan jamaah Kab. Takalar (186) sehingga total jemaah menjadi 455 orang termasuk 5 petugas haji yang terdiri dari: 1 orang TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) atas nama Drs. Mustajab, MM yang juga Kasi Haji Kantor Kemenag Takalar, 1 orang TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) atas nama H. Muhammad Arfah, S.Ag yang juga merupakan Kepala Seksi PAIS pada Kantor Kemenag Bantaeng, serta 3 orang petugas TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) yang terdiri dari 1 orang Dokter dan 2 orang perawat.

Adapun alasan mengapa Bantaeng memilih kloter pertengahan, menurut Kakan Kemenag karena banyaknya jemaah Bantaeng yang mengambil haji Ifrad sesuai pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sehingga demi lebih meringankan jemaah maka Bantaeng yang biasanya berangkat pada Kloter-kloter awal, kali ini berangkat pada kloter pertengahan yang sesungguhnya bisa saja mengambil kloter-kloter awal. Jelas Kakan Kemenag.

Selanjutnya dalam laporannya, Kakan Kemenag merinci jumlah Jamaah Calon Haji Kab. Bantaeng musim haji tahun 1439 H / 2018 M ini berdasarkan klasifikasinya antara lain, berdasarkan jenis kelamin terdiri dari 112 jemaah perempuan dan 74 jemaah laki-laki.

Sedang berdasarkan Wilayah/Kecamatan, tahun ini Kec. Bantaeng merupakan kecamatan terbanyak calon jamaah hajinya yakni sebanyak 38 orang, disusul berturut-turut Kec. Bissappu (34), Kec. Gantarakeke (24), Kec. Sinoa (24), Kec. Pa'jukukang (19), Kec. Uluere (19), Kec. Eremerasa (17), dan Kec. Tompobulu (11).

Adapun dari segi umur, lanjut Kakan Kemenag, berdasarkan data dari Seksi PHU Kantor Kemenag Bantaeng, jemaah tertua yang berangkat tahun ini berumur 84 tahun sedang yang termuda berumur 21 tahun.

Dalam laporan Kakan Kemenag tersebut juga disebutkan bahwa untuk jumlah pendaftar Haji di Kab. Bataeng yang masuk dalam daftar tunggu sejak 11 Agustus 2009 sampai dengan saat ini (24 Juli 2018) adalah sebanyak 6.826 orang dengan estimasi keberangkatan jika quota tetap 185 orang pertahun, maka antrian itu akan habis dalam 38 tahun.

Akhirnya Kakan Kemenag menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh Jemaah Calon Haji Kab. Bantaeng yang tergabung dalam Kloter 15 UPG Makassar ini seraya berdo'a semoga seluruh jemaah senantiasa mendapat limpahan keberkahan serta kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah  hingga kembali ke tanah air dengan selamat dan meraih gelar haji mabrur. (mhd).