Sukses Pertahankan Disertasi Di Hadapan Tim Penguji, Kakan Kemenag Bantaeng Kini Bergelar Doktor

Makassar, (Inmas Bantaeng) - Setelah mengikuti Ujian Tutup pada Rabu 12 September 2018 yang lalu, Ujian Promosi Doktor pada Bidang Manajemen Pendidikan Islam digelar hari ini (Senin, 29 Oktober 2018) atas Promovendus bapak H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag (Kakan Kemenag Bantaeng) bertempat di Ruang Seminar PPs (Program Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia, Jalan Uripsumoharjo No. 255 Makassar,

Sidang Terbuka ujian promosi Doktor dengan disertasi berjudul Pengaruh Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Manajemen Berbasis Madrasah pada Madrasah Negeri Di Sulawesi Selatan ini dihadiri oleh segenap kerabat, keluarga serta rekan sejawat promovendus H. Muhammad Yunus

Dan sebuah kehormatan besar bagi diri pribadi bapak H. Muhammad Yunus serta Kantor Kemenag Kab. Bantaeng pada umumnya bahwa ditengah kesibukannya, bapak Wakil Bupati Bantaeng Drs. H. Sahabuddin menyempatkan diri untuk hadir menyaksikan promosi doktor orang nomor 1 di Kementerian Agama Kab. Bantaeng ini.

Tampak pula sejumlah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Sulsel turut mengambil tempat di kursi undangan

Dan tak lupa segenap jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng yang terdiri dari Kasubag Tata Usaha, para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Ketua FKUB, para Kepala Madrasah, Kepala KUA Kecamatan, Guru, Penyuluh serta para staf administasi turut hadir guna menyaksikan serta memberi dukungan moril kepada sang Kepala Kantor.









Selama kurang lebih 2 jam 15 menit, promovendus H. Muhammad Yunus mempertahankan disertasinya dhadapan tim Promotor dan Tim Penguji yang terdiri dari:

  1. Prof. H. Murdifin Haming, SE, M.Si, Ph.D, (Promotor)
  2. Prof. Dr. H. Abd. Rahman Mus, SE, M.Si, (Ko Promotor)
  3. Dr. Andi Bunyamin, M.Pd (Ko Promotor)
  4. Prof. Dr. H. Abd. Rahim Yunus, MA, (Penguji)
  5. Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd, (Penguji)
  6. Prof. Dr. Baharuddin Semmaila (Penguji)
  7. Prof. Dr. Ismail Tolla, M.Pd, (Penguji)
  8. Prof. Dr. H. Syahruddin Nawi, SH, MH (Penguji)
  9. Dr. H. M. Arif Alim, MA, (Penguji), dan
  10. Dr. Hj. Rosmiati, M.Pd, (Penguji)

Dari penelitian atas Disertasi berjudul Pengaruh Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Manajemen Berbasis Madrasah pada MTsN di Sulawesi Selatan ini, bapak H. Muhammd Yunus merumuskan 7 hasil temuannya sebagai berikut:

  1. Aspek manajemen kurikulum, madrasah perlu inovasi yang lebih baik agar dapat memenuhi harapan masyarakat terhadap pemenuhan muatan kurikulum agama yang lebih banyak dan praktik kehidupan dan pembiasaan yang baik bagi siswa dalam lingkungan madrasah sebagaimana muatan kurikulum dan pembiasaan kehidupan ajaran agama yang dilaksanakan pada pondok-pondok pesantren, sehingga diharapkan pada masa yang akan datang terdapat madrasah Tsanawiyah Negeri di Sulawesi Selatan yang berbentuk pondok pesantren atau boarding school.
  2. Aspek manajemen pembelajaran diperlukan peningkatan kompetensi tenaga pendidik khususnya penguasaan dalam bidang teknologi pembelajaran, para tenaga edukasi masih perlu terus dimotivasi dan dibekali penguatan komitmen yang lebih baik dalam pembuatan perangkat pembelajaran sebagai bagian tak terpisahkan dari tugas pokok seorang guru agar dapat dibuat dengan sepenuh hati dengan ketulusan dan keihlasan yang tinggi
  3. Aspek manajemen sarana dan prasarana perlu pembenahan dan perbaikan agar dapat lebih baik dan membuat siswa dan guru betah dan nyaman melaksanakan proses pembelajaran dalam kelas. Ruang kelas seyogyanya memiliki fasilitas yang tidak terlalu berbeda jauh dengan ruang kantor, dewan guru serta ruang kepala madrasah.
  4. Pada aspek manajemen pembiayaan, diperlukan strategi dan pendekatan yang lebih baik dari pihak madrasah untuk kembali menggugah minat dan perhatian masyarakat agar dapat turut berpartisipasi secara maksimal dalam membantu pembiayaan madrasah untuk mewujudkan mutu pendidikan madrasah yang lebih baik.
  5. Seyogyanya program pemerintah dengan slogan pendidikan gratis yang membentuk opini masyarakat bahwa sekolah/madrasah tidak perlu lagi mendapat bantuan dari masyarakat perlu ditinjau ulang agar dapat kembali menumbuh suburkan perhatian masyarakat dalam membantu madrasah dari aspek pembiayaan mengingat biaya yang digelontorkan pemerintah untuk madrasah saat ini belum cukup  untuk mewujudkan madrasah yang lebih berkualitas.
  6. Aspek manajemen tenaga pendidik dan kependidikan diperlukan sistim rekruitmen tenaga pendidik dan kependidikan dengan status honorer atau guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap yang lebih transparan dan benar-benar memperhatikan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan yang diterima pada madrasah, perlu regulasi system rekruitmen tenaga pendidik yang baku agar dapat menjadi rambu-rambu dan pedoman bagi kepala madrasah dalam menerima tenaga pendidik terutama dengan status honorer.
  7. Aspek manajemen hubungan masyarakat ditemukan hubungan yang sangat baik antara pihak madrasah dan masyarakat, sehingga  menjadi sebuah potensi besar bagi madrasah untuk dikelola dengan baik agar dapat memberi kontribusi yang lebih baik bagi pengembangan madarasah baik dari aspek materi maupun pada aspek non materi termasuk partisipasi saran dan pemikiran bahkan kritikan yang sifatnya konstruktif.

Setelah semua tim penguji dan tim promotor menyampaikan pertanyaan, saran dan pendapatnya tibalah moment yang sangat mendebarkan bagi sang promovendus, yakni pengumuman hasil ujian serta predikat yang diraih.

Dan Sidang Terbuka Ujian Promosi Doktor Manajemen Pendidikan Islam yang berlangsung di Ruang Seminar PPs (Program Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia, Jalan Uripsumoharjo No. 255 Makassar pada hari ini akhirnya menetapkan promovendus H. Muhammad Yunus lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan terhitung mulai hari ini berhak menyandang gelar Doktor yang disingkat dengan Dr

Momen mendebarkan sekaligus mengharukan khususnya bagi promovendus tersebut dapat kita saksikan bersama pada tahutan berikut INI. (mhd)