Kakan Kemenag Bantaeng Beserta Jajaran Hadiri Upacara HUT PGRI Ke-73 Dan Peringatan Hari Guru Nasional 2018

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Bantaeng menggelar upacara bendera bertempat di Lapangan Pantai Seruni Kab. Bantaeng. (Senin, 26 November 2018).

Pada peringatan Hari Guru Nasional dengan tema "Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteldanan Guru" kali ini bertindak selaku pembina upacara, Bapak Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin yang dalam sambutannya membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. H. Muhajir Efendi.

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng bapak Dr. H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag beserta segenap jajaran baik dari kalangan guru, staf, maupun penyuluh/penghulu.







Dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Bantaeng, Mendikbud Muhajir Efendi menyampaikan bahwa Revolusi industri keempat yang sudah merambah semua sektor termasuk pendidikan. Diperlakukan guru yang profesional dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada satuan pendidikan, untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global.

"Meski teknologi informasi terus berkembang, tetapi peran Guru sebagai pendidik tidak akan tergantikan, tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik," ujarnya

"Profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian, guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan. Tetapi menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupan, termasuk pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak." Tambahnya.

Ia juga mengajak semua peserta upacara untuk berdoa agar martabat guru semakin dijunjung tinggi seiring dengan meningkatnya profesionalisme, yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan dan dedikasi dalam menjalankan tugas.

"Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik. Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian, guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya", ujar Bupati.

Upacara kali ini dirangkaikan pula dengan penyerahan penghargaan kepada para guru favorit dan berdedikasi versi PGRI tahun 2018. (mhd)