Pengawas PAIS Kemenag Sulsel Ikuti Workshop Pokjawas Tingkat Sulsel Di Malino

Malino, (Inmas Bantaeng) - Diiukti sebanyak 30 orang Pengawas PAI dari 24 Kabupaten/Kota se Sulsel, Workshop Penguatan Instrumen Supervisi Akademik Pokjawas (Kelompok Kerja Pengawas) PAI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dibuka Sabtu, 24 November 2018 oleh Kabid PAI Kanwil Kemenag Sulsel Dr. H. Muh. Rasbi, SE, MM bertempat di Villa Bahagia Jl. Parang Bugisi Malino, Kabupaten Gowa.

Workshop berlangsung selama 2 hari, Sabtu hingga Ahad (24-25 November 2018) dengan menghadirkan Ketua Pokjawas Nasional Drs. H. Moh. Amin, M.Ag sebagai narasumber.

Pada kesempatan ini, Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng mengutus salah seorang anggota Pokjawas PAI yakni bapak H. Abd. Khaliq, S.Ag, M.PdI


Kabid PAI  Dr. H. Muh. Rasbi, SE., MM dalam sambutanya menyampaikan bahwa Pengawas jangan pernah berhenti mengurusi pendidikan. Salah satu tupoksi pengawas adalah memberikan pembinaan kepada guru-guru.

"Maka dari itu pengawas itu adalah rujukan/tempat bertanya dan belajar buat guru-guru.". Tuturnya.

Tugas dan tanggung jawab pengawas kedepan semakin berat. Terkait kepengawasan, di Sulsel kurang lebih 9.800 guru PAI. Jadi mestinya 460 org pengawas PAI untuk semua jenjang, namun jumlah pengawas PAI yang ada sekarang hanya sekitar 160-an". Tambahnya.

Sementara itu Ketua Pokjawas Nasional Drs. H. Moh. Amin, M.Ag dalam materinya menegaskan bahwa dalam melaksanakan supervisi akademik, harus berpedoman pada 4 hal yakni:

1. Standar isi
2. Standar proses
3. Standar kompetensi lulusan dan
4. Standar penilaian.

"Permen Dikbud No 23 tahun 2016 perlu dipedomani dalam membuat instrumen. Instrumen supervisi bisa berubah bila ada regulasi yuang mengaturnya. Dan kedepan nanti akan ada Penguatan Kompetensi Pengawas (PKP).". Tambahnya

Salah satu fungsi supervisi menurut Ketua Pokjawas Nasional adalah membantu guru dalam proses pembelajaran. Jadi bukan untuk mencari-cari kasalahan guru tetapi untuk memberi solusi dan pembimbingan jika ada kendala dan masalah yang dihadapi guru. Tutupnya.