KUA Kecamatan Uluere Siap Sukseskan STQ 2019 Tingkat Kabupaten Bantaeng

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Berdasarkan hasil kesepakatan pada rapat persiapan yang digelar di ruang rapat Sekda Bantaeng pada Rabu siang tanggal 30 Januari 2019, disepakati tempat pelaksanaan STQ 2019 tingkat Kabupaten Bantaeng akan dipusatkan di Kecamatan Uluere, sedang jadwal pelaksanaan direncanakan pada pertengahan atau akhir bulan Februari 2019.

Mendengar keputusan tersebut, Kepala KUA Kec. Uluere Syaharuddin Basira, M.Pd menyambut baik dan menerima hasil kesepakatan rersebut dengan penuh semangat dan bertekad akan melaksanakan amanah tersebut dengan penuh tanggung jawab.

Hal tersebut diungkapkan Syaharuddin dihadapan para peserta rapat ketika dimintai kesiapannya atas hasil kesepakatan rapat mengenai penetapan tempat pelaksanaan STQ tingkat Kabupaten Bantaeng tersebut.

"Sebenarnya dari tahun lalu para kepala-kepela Desa dan kepala-kepala Dusun di Uluere selalu menanyakan dan berharap pelaksanaan MTQ atau STQ tingkat Kabupaten Bantaeng dipusatkan di Kecamatan Uluere" Ungkap Kepala KUA

Hal senada juga disampaikan Sekcam Uluere bapak Suardi mewakili Camat, meskipun awalnya Suardi kurang yakin mengingat faktor lokasi yang cukup jauh dan cuaca yang sangat ekstrim memasuki bulan Februari 209 ini.

Sementara itu, menurut Kakan Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, berdasarkan informasi di tingkat provinsi/Kanwil, STQ 2019 tingkat Provinsi akan di laksanakan di Kabupaten Tana Toraja pada bulan April mendatang sambil menunggu keputusan Gubernur Sulsel, sedang STQH tingkat Nasional berdasarkan JUKNIS STQHN 2019 akan dilaksanakan di Kalimantan Barat pada akhir bulan juni sampai dengan awal bulan juli 2019 mendatang.



Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) adalah kegiatan pemuliaan Alquran yang dilakukan berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari bakat-bakat di bidang Al Quran sesuai yang dimiliki daerah masing-masing di bidang tilawah Alquran, Hifzhul Qur’an, dan Tafsir Alquran.

Tahun ini, STQ memperlombakan cabang baru yakni Musabaqah Hadist Nabi (MHN), sehingga itulah STQ tahun ini diberi nama STQH (Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits).

Cabang Musabaqah Hadits Nabi (MHN) untuk STQ 2019 tingkat Kabupaten Bantaeng memperlombakan 2 cabang/golongan lomba yakni :
  1. Gol. Hafalan 100 Hadits (Putra/Putri)
  2. Gol. Hafalan 500 Hadits (Putra/Putri)
Selengkapnya Cabang lomba yang akan dipertandingkan dalam STQ tingkat Kabupaten ini adalah sebagai berikut:

A. Cabang Tilawah.
  1. Golongan Anak-anak (Putra/Putri)
  2. Golongan Dewasa (Putra/Putri)

B. Cabang Tahfiz Al-Qur'an:
  1. 1 Juz Tilawah (Putra/Putri)
  2. 5 Juz Tilawah (Putra/Putri)
  3. 10 Juz Tilawah (Putra/Putri)
  4. 20 Juz Tilawah (Putra/Putri)
  5. 30 Juz Tilawah (Putra/Putri)

C. Cabang Tafsir Al-Qur'an
  1. Cabang Bahasa Arab (Putra/Putri)

D. Cabang Musabaqah Hadits Nabi
  1. Gol. Hafalan 100 Hadits (Putra/Putri)
  2. Gol. Hafalan 500 Hadits (Putra/Putri)

E. Cabang Bintang Vokalis
  1. Bintang Vokalis (Putra/Putri)

F. Cabang Qasidah Moderen : 1 Group

Total : 23 Kejuaraan (Putra/Putri)
(Jmhd)