Kakan Kemenag Dampingi Wabup Lepas 196 Calon Jamaah Haji Kabupaten Bantaeng

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Sebanyak 196 Jamaah Calon Haji Kabupaten Bantaeng musim haji tahun 1440 H/2019 M secara resmi dilepas Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin didampingi Kakan Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus bertempat di Gedung Balai Kartini, Selasa (16/7/19) pagi.

Turut hadir pada kesempatan ini, para unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama Bantaeng, Ruslan Saleh, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda, H. Syamsul Suli, serta para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kab. Bantaeng.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an yang dibawakan oleh Amiruddin, S.PdI, Guru MA Ihya Ulumuddin yang mendapat amanah sebagai Ketua Kloter 22 Embarkasi Hasanuddin Makassar.

Acara dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia dalam hal ini Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag yang dalam laporannya menyampaikan bahwa JCH Bantaeng yang berjumlah 196 ini terdiri dari jemaah perempuan dengan jumlah jemaah sebanyak 111 orang sedang jemaah laki-laki sebanyak 85 orang.



196 jamaah calon haji tersebut terdiri dari 185 jamaah kuota murni dan 11 kuota tambahan, yang seluruhnya akan bergabung dengan jamaah Kab. Gowa sebanyak 58 orang, jamaah Kab. Bone 161 dan 35 orang dari Papua Barat pada kloter 22 gelombang keduan pemberangkatan jemaah haji pada musim haji tahun 1440 H /2019 M.

Adapun JCH berdasarkan wilayah Kecamatan, Kakan Kemenag menguraikan bahwa ke 196 JCH Bantaeng ini berasal dari 8 Kecamatan dengan perincian : 36 orang dari Kec. Bantaeng, 13 orang dari Kec. Eremerasa, 25 orang dari Kec. Pa'jukukang, 41 orang dari Kec. Gantarangkeke, 31 orang dari Kec. Tompobulu, 17 orang dari Kec. Bissappu, 19 orang dari Kec. Sinoa, dan 14 orang dari Kec. Uluere.

Sedang jemaah berdasarkan Bank BPS (Bank Penerima Setoran) BPIH lanjut Kakan Kemenag terdiri dari 97 orang jemaah dari Bank BNI Syariah, 97 dari Bank BRI Syariah, dan 2 orang dari Bank Muamalat.

Selanjutnya, berdasarkan tingkat Pendidikan, Kakan Kemenag menyebutkan bahwa JCH Bantaeng yang tergabung dalam Kloter 22 bersama 55 JCH Kab. Gowa, 158 JCH Kab. Bone dan 41 orang JCH dari Provinsi Papua Barat ini terdiri dari 121 orang jemaah dengan latar belakang pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD), 15 orang SLTP, 29 SLTA, 4 orang Diploma, 26 orang S1, dan 1 orang S2.

Masih dalam laporannya, Kakan Kemenag Dr. H. Muhammad Yunus juga menguraikan bahwa jemaah yang dijadwalkan akan berangkat pada tanggal 22 Juli 2019 menuju Asrama Haji Sudiang Makasar dan akan terbang menuju Jeddah pada keesokan harinya ini, terdiri dari jemaah dengan latar belakang pekerjaan sebagai berikut: Petani 56 orang, IRT 82 orang, pegawai swasta 16 orang, PNS 32 orang, Pensiunan 5 orang, TNI 2 orang dan pedagang 3 orang, namun laporan terkahir menurut Kakan Kemenag bahwa salah seorang jemaah asal Kec. Tompobulu telah meninggal dunia sehingga jumlah JCH Kab. Bantaeng yang siap berangkat adalah sebanyak 195 orang.

Terakhir Kakan Kemenag juga melaporkan bahwa Total Pendaftar Haji yang masuk dalam waiting list (daftar tunggu) per tanggal 2 Desember 2009 sampai dengan 30 Juni 2019 adalah mencapai kurang lebih  7500 orang yang jika dibagi dengan kuota 185 (kuota normal) maka estimasi jadwal pemberangkatan adalah sampai dengan 41 tahun.

Akhirnya kepada para jemaah Kakan Kemenag berharap agar tetap menjaga kesehatan sembari berdo'a semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan ibadah dan kembali dengan selamat dengan menyandang predikat haji mabrur.

Kepada jajaran Pemerintah daerah serta segenap kru Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kakan Kemenag tak lupa pula menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas koordinasi dan kerjasama yang selama ini telah dilaksanakan sehingga penyelenggaraan haji musim haji tahun 1440 H/ 2019 M ini telah sampai pada tahap pemberangkatan.

Sementara itu mewakili Bupati Bantaeng, Wabup Sahabuddin dalam arahannya menghimbau kepada seluruh jamaah agar senantiasa menjaga nama baik Kab. Bantaeng. "Para jamaah calon haji adalah tamu Allah, laksanakan ibadah haji dengan penuh kesabaran guna menghindari hal-hal yang dapat mengurangi pahala ibadah haji kita", ujar Wabup.




Lebih lanjut Wabup menambahkan agar seluruh jamaah dapat menjaga persatuan dan keutuhan rombongan. Para jamaah calon haji rencananya akan berangkat pada tanggal 22 Juli dan langsung menuju Jeddah lalu ke Mekah.

Demikian arahan Bupati yang dibacakan oleh bapak Wakil Bupati Bantaeng dan penyerahan bendera kontingen dan bendera Kab. Bantaeng kepada 2 orang perwakilan jemaah calon haji oleh Wakil Bupati didampingi Kakan Kemenag Kab. Bantaeng menandai Pelepasan jemaah calon haji. Berikut REKAMANNYA (mhd)