Studi Banding Ke Kemenag Sleman, Rombongan PTSP Kemenag Bantaeng Dapat Ole-Ole Istimewa

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Dalam rangka merealisasikan PMA 65 tahun 2016 tentang pelayanan terpadu pada jajaran Kantor Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng telah melaksanakan studi banding ke sejumlah Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang telah sukses mengembangkan PTSP.

PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng yang dilaunching pada tanggal 17 Juni 2019 oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan H. Anwar Abubakar, S.Ag, M.Pd, terus berbenah dan berupaya untuk mengembangkan diri demi menghadirkan pelayanan prima sebagaimana yang diharapkan.

Dengan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag rombongan Studi banding yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari Kasubbag Tata Usaha, Kepala Seksi dan penyelenggara, serta dari unsur guru madrasah/PAI dan staf/pelaksana di masing masing seksi dan unit kerja ini, baru-baru ini melakukan kunjungan secara mandiri dengan rute Malang - Jogja (10-13 Juli 2019).





Ada 2 Kantor Kementerian Agama yang menjadi tujuan kunjungan studi banding PTSP Kantor Kemenag Bantaeng kali ini, yakni Kantor Kementerian Agama Kota Batu Prov. Jawa Timur dan Kantor Kementerian Agama Kab. Sleman di Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kunjungan selama kurang lebih 4 hari ini diawali di Kantor Kementerian Agama Kota Batu, sebuah kota di Provinsi Jawa Timur yang terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu yang hanya memiliki 3 Kecamatan ini berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang.

Setelah memperoleh banyak ilmu dari kunjungan di Kantor Kemenag Kota Batu Malang, kunjungan dilanjutkan ke Kantor Kemenag Kab. Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di Kantor Kemenag Kab. Sleman, rombongan diterima secara resmi oleh Kasi Pend Agama Islam Drs. H. Suharto mewakili Kepala Kantor didampingi bapak Ujang Sihabuddin, S.Ag, M.Si (Kasi PHU).

Sebagaimana di Kota Batu Provinsi Jawa Timur, di Kab. Sleman pun rombongan Kemenag Bantaeng memperoleh banyak ole-ole berupa ilmu terkait PTSP maupun ilmu-ilmu lainnya termasuk ilmu memborong ole-ole khas Kota Jogja.

Dan ole-ole yang paling berharga yang diterima rombongan dari tim PTSP Kantor Kemenag Kab. Sleman adalah ole-ole berupa CD yang berisi semua file-file yang dibutuhkan untuk pengembangan PTSP termasuk file aplikasi-aplikasi pendukung program PTSP yang diserahkan dengan suka rela dan penuh keikhlasan.

Setelah sesi tukar menukar cindera mata dari masing-masing kedua belah pihak, sebagaimana di Kantor Kemenag Kota Batu Malang, acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang PTSP dan Seksi-Seksi oleh personil rombongan.

Kakan Kemenag Dr. H. Muhammad Yunus tampak sangat merasa puas dengan kunjungan dikedua Kantor Kemenag diatas dan berharap suatu saat Kantor Kemenag Kabupaten Bantaeng dapat menjadi tuan rumah atas kunjungan balasan dari kedua tuan rumah diatas.

"Meskipun destinasi wisata di tempat kami tidak seindah dengan yang ada di pulau Jawa ini, namun kami berharap suatu saat kami bisa menjadi tuan rumah atas kunjungan balasan dari bapak/ibu sekalian" Harap Kakan Kemenag.

Usai menuntaskan misi pada ke 2 Kantor Kemenag Kabupaten/Kota yang dikunjungi diatas, kini tibalah pada agenda pamungkas yakni menuntaskan isi dompet dengan memborong ole-ole untuk dibawa pulang.

Alhasil, tas bawaan yang semula hanya 1-2 potong ketika datang, akhirnya beranak hingga 3-4 potong ketika pulang.

Sukses buat Tim PTSP Kantor Kemenag Bantaeng, semoga perjalanan studi banding PTSP Jatim - Jogja atau tepatnya Batu-Sleman ini menjadi momentum bagi pengembangan PTSP Kantor Kemenag Bantaeng dimasa yang akan datang. (mhd)