Kakan Kemenag Jeneponto Boyong Jajaran, Tinjau PTSP Kemenag Bantaeng


Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Geliat Tim Kerja PTSP Kantor Kemenag Bantaeng dalam upaya memaksimalkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kepada masyarakat pengguna layanan terus menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan sejak pertama dilaunching pada pertengahan Juni 2019 yang lalu.

PTSP Kantor Kemenag Bantaeng yang baru seumuran jagung ini, hari ini mendapat kehormatan dikunjungi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jeneponto H. Saharuddin, S.Pd.I, M.Pd didampingi ibu Ketua DWP, Hj. Basmiati, S.Pd, M.Pd bersama 30 orang jajaran yang terdiri dari Kasubag TU, para Kepala Seksi/P serta para Kepala Madrasah dan Kepala KUA Kecamatan, dalam rangka kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi terkait PTSP di Kantor Kemenag Bantaeng, pada Rabu (31/7/19) pagi.

Rombongan diterima secara resmi oleh Bapak Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag didampingi Kasubag TU dan para Kepala Seksi bertempat di Aula Kantor Kemenag Bantaeng. Turut hadir Ibu Ketua DWP Hj. St. Hasnah Yunus.

Prosesi acara penerimaan yang dipandu oleh Kasubag Tata Usaha Kantor Kemenag Bantaeng H. M. Ahmad Jailani, S Ah, MA, diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan kedatangan rombongan oleh Kakan Kemenag Kab. Jeneponto H. Saharuddin, S.Pd.I, M.Pd.

Dalam penyampaiannya, H. Saharuddin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada bapak Kepala Kantor Kemenag Bantaeng beserta jajaran yang telah berkenan menerima kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi Kantor Kemenag Kab. Jeneponto guna meninjau langsung PTSP Kantor Kemenag Bantaeng.

Lebih lanjut H. Saharuddin mengungkapkan bahwa Sepanjang pemantauannya, PTSP Kantor Kemenag Bantaeng ini adalah yang terbaik se Sulsel.

"Terima kasih kepada Bapak Kepala Kantor Kemenag Bantaeng beserta jajaran yang telah berkenan menerima kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi kami beserta rombongan dalam rangka studi terkait PTSP'. Tutur Kakan Kemenag Jeneponto.

"Sepanjang pemantauan kami, PTSP Kantor Kemenag Bantaeng ini adalah yang terbaik di Sulsel, maka dari itu kami bersama rombongan memilih Kantor Kemenag Bantaeng sebagai sasaran kunjungan kerja PTSP apalagi Kantor Kemenag Bantaeng telah sukses melaksanakan Studi Banding ke Pulau Jawa". Ungkapnya.

"Untuk itulah kami datang kesini untuk berguru meminta petunjuk, dan meminta saran terkait PTSP, mudah-mudahan Kunjungan Kerja di kedua Kabupaten, yakni Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Bulukumba tim kami dapat menimba ilmu dan pengetahuan terkait PTSP, dan kami targetkan maksimal bulan 10 akan terealisasi pula di Jeneponto". Tutupnya.

Usai penyampaian maksud dan tujuan kedatangan rombongan oleh Kakan Kemenag Jeneponto, acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pemaparan singkat terkait  PTSP oleh Kakan Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag Bantaeng mengucapkan selamat datang kepada bapak Kepala Kantor Kemenag Jeneponto beserta rombongan dan berharap dengan penyambutan yang cukup sederhana dan cukup mendadak ini tidak mengurangi nilai dan kepuasan yang dirasakan bagi seluruh rombongan.

Lebih lanjut Kakan Kemenag mengungkapkan bahwa sebenarnya PTSP Kantor Kemenag Bantaeng saat ini masih dalam tahap pembenahan sehingga dirinya tidak yakin akan mampu memberikan dan menyajikan informasi yang memuaskan sesuai yang diharapkan, namun demi memenuhi permintaan bapak Kepala Kantor Kemenag Jeneponto serta demi menjalin silaturrahmi antar kedua Kankemenag Kabupaten, makan dirinya menyatakan siap untuk dikunjungi guna berbagi pengetahuan dan informasi terkait PTSP.

Selanjutnya Kakan Kemenag H. Muhammad Yunus memaparkan terkait PTSP Kantor Kemenag Bantaeng mulai dari rencana persiapan pelaksanaan sampai dengan Launching pertama kali oleh Kakanwil Kemenag Sulsel pada tanggal 17 Juni 2019 yang lalu.

Bahwa jika dilihat dari sejak dilaunching oleh Kakanwil H. Anwar Abubakar disaksikan Sekda mewakili Bupati Bantaeng, PTSP Kantor Kemenag Bantaeng telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan dengan jumlah layanan saat ini mencapai 45 layanan, yang awalnya hanya 11 layanan.

"Ini tentu saja merupakan hasil kerja keras dari seluruh tim yang terlibat dibawah koordinasi Kasubag Tata Usaha, dan juga tidak terlepas dari hasil kunjungan studi banding di ke-2 Kantor Kemenag Kabupaten/kota di pulau Jawa yakni Kantor Kemenag Kota Batu Malang, Jawa Timur dan Kantor Kemenag Kab. Sleman Yogyakarta beberapa waktu yang lalu".

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi terkait PTSP dalam bentuk power point yang disajikan oleh Koordinator Tim PTSP Jamaluddin, SE. Materi Power Point tersebut dapat kita diunduh bersama pada tautan BERIKUT ini.

Acara penerimaan diakhiri dengan prosesi serah terima atau saling tukar cindera mata dari kedua belah pihak. Dari Kepala Kantor Kemenag Kab. Jeneponto menyerahkan plakat ucapan terima kasih sedang dari Kepala Kantor Kemenag Bantaeng menyerahkan oleh-oleh berupa file-file yang dibutuhkan terkait PTSP yang dikemas dalam sebuah hand book.

Dan dengan didampingi Kakan Kemenag beserta bapak Kasubag TU Kantor Kemenag Bantaeng, Kakan Kemenag Jeneponto beserta rombongan diajak untuk meninjau ruangan pelayanan PTSP serta seluruh ruangan mulai dari Sub bagian TU, Seksi-seksi hingga ke Penyelenggara Syariah, sebelum kemudian rombongan melanjutkan perjalanan ke Kab. Bulukumba guna melakukan kunjungan serupa. (mhd).