PTSP Kantor Kemenag Bantaeng Terus Berbenah

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kantor Kemenag Kab. Bantaeng sejak diresmikan oleh bapak Kakanwil Kemenag Sulsel H. Anwar Abubakar pada tanggal 17 Juni 2019 terus berbenah dan berupaya untuk mengembangkan diri demi menghadirkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Berbagai upaya telah dilakukan demi merealisasikan amanat Menteri Agama RI yang dituangkan PMA (Peraturan Menteri Agma) No. 65 tahun 2016 tentang pelayanan terpadu pada jajaran Kantor Kementerian Agama itu, diantaranya adalah dengan melakukan Study Banding ke sejumlah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota yang telah sukses mengembangkan pelayanan terpadu satu pintu.

Ada 2 Kantor Kementerian Agama yang menjadi rujukan sebagai sasaran kunjungan studi banding Tim PTSP Kantor Kemenag Bantaeng yakni Kantor Kementerian Agama Kota Batu Prov. Jawa Timur dan Kantor Kementerian Agama Kab. Sleman di Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kakan Kemenag Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag berjumlah 22 orang yang terdiri dari Kasubbag Tata Usaha, Kepala-Kepala Seksi dan penyelenggara, unsur guru madrasah/PAI serta unsur staf/pelaksana pada masing masing seksi dan unit kerja ini telah sukses melakukan kunjungan secara mandiri ke Jatim - Jogja selama kurang lebih 4 hari (10-13 Juli 2019).

Banyak hal yang diperoleh dari perjalanan studi banding pada 2 Provinsi di Pulau Jawa ini, selain menimba ilmu tentang PTSP, rombongan juga banyak belajar dan menjadikan bahan perbandingan terkait program/kegiatan pada seksi atau unit kerja masing-masing.

Dari Study Banding ini, Tim PTSP sendiri banyak mengalami perubahan dan peningkatan yang signifikan, baik dari segi instrumen-instrumen pendukung maupun dari segi jumlah layanan yang dikembangkan yang sudah mencapai 46 layanan baik internal maupun eksternal yang awalnya hanya sebanyak 11 layanan.

Progress ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan mengingat usianya yang belum cukup 2 bulan.

Ini tentu saja merupakan buah dari Study Banding yang dilakukan pada kedua Kantoe Kemenag Kabupaten/Kota diatas didukung pula oleh Tim kerja yang cukup solid dan mumpuni yang mampu berinovasi dengan semangat dan kinerja yang tinggi didorong pula oleh motivasi yang cukup kuat dari para pimpinan dalam mewujudkan pelayanan prima di lingkungan Kementerian Agama Kab. Bantaeng

Tentunya, pencapaian ini masih jauh dari kata sempurna, namun dengan semangat dan kinerja yang tinggi dari para Tim dibawah koordinasi Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Tim PTSP Kantor Kemenag Bantaeng yakin akan mampu menjadi pioner dan teladan dalam hal penerapan program PTSP yang baik di masa yang akan datang khususnya di lingkungan Kanwil Kemenag provinsi Sulawesi Selatan.