Bangun Karakter Siswa, MTs NT Tompong Bantaeng Programkan Shalat Dhuha, Dan Kultum Setiap Pagi

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Untuk membangun dan memperkuat karakter siswa, MTs NT Tompong membuat program shalat dhuha tiap-tiap kelas. Pelaksanaan shalat dhuha ini dimulai pukul 07.10 dan dilaksanakan di lapangan madrasah.

Seperti biasanya sebelum bel dibunyikan pertanda dimulainya proses pembelajaran, seluruh siswa langsung bersiap-siap mengambil air wudhu dan mengambil shaf di halaman sekolah yang telah dipersiapkan untuk melaksanakan sholat dhuha secara berjamaah.

Kegiatan yang telah diprogramkan pada kelas masing-masing ini dilaksanakan dengan tertib dan penuh khusyu.

Sebelumnya, Siswa secara bersama membaca surah Arrahman yang dilanjutkan shakat dhuha secara berjamaah bersama segenap guru dan staf Adm MTs NT Tompong Bantaeng dan Kepala Madrasah pun tampak ikut berbaur diantara siswa.

"Manfaat dari sholat dhuha diantaranya adalah membuat hati terasa tenang, mengatasi rasa gelisah, pikiran jernih dan masih banyak manfaat yang dapat dirasakan, Program ini sudah berjalan sejak kami bertugas menjadi kepala madrasah tanggal 2 -8-2019". Ungkap Kamad MTs NT Tompong.

Kepala MTs NT Tompong, Muh. Yusuf S.pd.I.,M.Si mengungkapkan, kegiatan shalat Dhuha adalah bentuk implementasi pembelajaran. “Kegiatan ini mengacu pada kompetensi inti menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Shalat dhuha dapat menguatkan karakter dan sikap spiritual religius dalam kerangka nilai-nilai keislaman,” ujarnya

Endang Putri, salah seorang Siswa kelas 9, mengaku merasa senang dengan pembiasaan shalat dhuha ini, karena fikiran jadi lebih jernih, fresh, hati tenang dan positif saat akan memulai proses kegiatan pembelajaran dimulai. Akunya

"Kami selaku Kepala Madrasah yang baru bertugas berkomitmen untuk membangun madrasah yang lebih baik. prinsip kami bahwa siswa yang brangkat dari rumahnya tentu mereka sudah melakukan sarapan Fisik dirmhnya dan kami di madrasah juga menyiapkan sarapan Rohani melalui shalat dhuha dan membaca Alquran". Tuturnya.

Adapun isi kultum yang disampaikan pada pagi hari ini adalah terkait bagaimana menanamkan kepada siswa dan guru untuk senantiasa Membaca alqur'an baik dan menanamkn nilai-nilai Al Qur'an di Madrasah maupun di rumah dan dilingkungan sekitar kita. (ysf/mhd)