Juara II Mapel Kimia Pada KSM Tingkat Sulsel 2019 , Siswa MA Ma'arif Lasepang Bantaeng Ini Masuk 16 Besar Se Sulsel

 
Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi MAS Ma'arif Lasepang Bantaeng dimana salah seorang siswanya berhasil menorehkan prestasi di tingkat Provinsi pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019.

Adalah Karmila, siswa kelas II pada MAS Ma'arif Lasepang Bantaeng yang merupakan Juara I KSM Tingkat Kab. Bantaeng tahun 2019, berhasil keluar sebagai Juara II pada KSM Tingkat Provinsi Sulsel yang diikuti sebanyak 715 peserta dari 24 Kabupaten/Kota Se Sulsel.

Dari 11 bidang study yang dilombakan dengan sistem CBT (Computer Based Test), seluruh soal berasal dan disusun oleh tim dari Jakarta yang digelar secara Serempak se Indonesia. Hal ini untuk menjaga objektifitas dan kemurnian hasil lomba secara Nasional.

Kompetisi dibagi dalam 2 sesi , yaitu Sesi Pertama untuk Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah menggunakan 10 Ruangan , sedangkan untuk sesi kedua untuk Madrasah Aliyah menggunakan 12 Ruangan yang dijaga oleh sejumlah pengawas dan Proktor untuk memastikan jaringan computer yang berjumlah hampir 400 unit digunakan oleh seluruh peserta selama mengikuti Lomba.

Berdasarkan hasil Test KSM yang penilaiannya juga menggunakan sistem komputer online, Kabupaten Bone keluar sebagai Juara Umum.

Para juara pertama di 11 cabang lomba pada semua tingkatan madrasah ini kemudian selanjutnya akan mewakili kontingen Sulsel pada KSM Tingkat Nasional yang akan digelar di Kota Manado pada bulan September Mendatang.

Seluruh pemenang KSM tingkat Provinsi Sulsel mendapatkan Piala, Piagam dan bingkisan hadiah oleh panitia pelaksana.

Karmila yang merupakan satu-satunya kontingen Kab. Bantaeng yang berhasil meraih juara dari 33 orang kontingen Bantaeng yang diutus ini, menurut panitia KSM Tingkat provinsi, Karmila menempati peringkat 16 besar dan kepadanya diberikan kesempatan untuk mengikuti KSM tingkat Nasional.




Namun karena kuota peserta dari Komite Penyelenggara KSM tingkat Provinsi hanya sampai 11 besar, maka untuk bisa ikut berangkat ke Menado, Karmila harus dibiayai secara mandiri oleh Komite Penyelenggara KSM tingkat Kabupaten Bantaeng atau Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng dalam hal ini Seksi Pendidikan Madrasah.

Mari bersama kita do'akan semoga Karmila bisa berangkat ke Menado mewakili Provinsi Sulsel guna menunjukkan keunggulannya untuk berkompetisi dengan peserta dari Provinsi-provinsi lain se Indonesia. (mhd)