MTs Nurul Ihsan Erasayya Bantaeng Diterjang Angin Kencang, Kemenag Galang Dana


Sinoa, (Inmas Bantaeng) - Sebuah Madrasah yang terletak di Dusun Erasayya, Desa Bonto Tiro Kec. Sinoa Kab. Bantaeng porak poranda diterjang angin kencang pada Selasa sore (22/10/19) sekira pukul 17.00. waktu setempat.

Seluruh bangunan madrasah yang semi permanen ini hancur berantakan akibat hantaman angin kencang yang melanda wilayah ini, beruntung musibah terjadi diluar jam sekolah sehingga tak menelan korban baik siswa maupun guru.

Akbibat musibah ini, puluhan siswa MTs Nurul Ihsan Erasayya, Desa Bonto Tiro Kec. Sinoa ini terancam tak dapat mengikuti proses pembelajaran karena seluruh bangunan telah rata dengan tanah.

Untuk sementara, menurut Kepala Madarasah, Baharuddin, S.Pd, proses pembelajaran akan dialihkan ke masjid terdekat hingga bangunan madrasah dapat berdiri kembali.

Menyikapi musibah yang menimpa madrasah yang mirip bangunan sekolah pada Film Laskar Pelangi ini, Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng melalui seksi terkait yakni Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) telah melakukan langkah cepat dalam rangka recovery atas musibah yang telah melanda madrasah ini.

Bersama rombongan, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Drs. H. M. Ribi, MM kemudian mengunjungi lokasi musibah pada Rabu pagi (23/10/19) guna melihat secara langsung sejauh mana tingkat kerusakan yang dialami dan mencari solusi yang tepat dan cepat guna kelangsungan pendidikan anak bangsa.



Beberapa upaya juga telah dilakukan pihak madrasah termasuk melaporkan ke Pemerintah setempat baik ke Pemerintah Desa maupun ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bantaeng guna mendapatkan bantuan.

Sementara itu, atas inisiasi bapak Kepala Kantor Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag, keluarga Besar Kementerian Agama Kab. Bantaeng kemudian melakukan penggalangan dana melalui media sosial. Dan sejauh ini, dana yang berhasil terkumpul sebanyak kurang lebih 7 Juta rupiah dari List yang diedarkan di Group WhatsApp Kemenag Bantaeng sejak pertama diposting pada Rabu pagi (23/10/19) oleh Bapak Kepala Kantor.

Semoga sumbangan yang terkumpul dari segenap jajaran Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng ini akan dapat membantu madrasah swasta ini untuk bangkit kembali dan melanjutkan proses pembelajarannya.

Melalui rilis ini, atas nama pendidikan dan atas nama kelangaungan generasi anak bangsa, kami ingin mengetuk pintu hati para dermawan sekalian untuk turut serta menyalurkan sumbangan atau bantuannya baik langsung atau melelaui Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Bantaeng. Semoga ini dapat menjadi lahan amal jariah bagi kita sekalian. Amiin ya Robbal Alamiin. (mhd)