MTQ I Tingkat Kecamatan Digelar, Kakan Kemenag Bantaeng Beri Apresiasi Camat Dan KUA Sinoa

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Dalam rangka pembinaan serta pencarian bibit-bibit berprestasi dalam bidang tilawah Al Qur'an, KUA Kecamatan Sinoa bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Sinoa Kab. Bantaeng, menggelar Musbaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan.

MTQ yang dilangsungkan di Lapangan Takkang Bassia kecamatan Sinoa dan akan berlangsung selama kurang lebih 3 hari (26-29 Oktober 2019) ini merupakan MTQ yang pertama kalinya dilaksanakan di tingkat Kecamatan Sinoa sekaligus merupakan Kecamatan pertama yang menggelar MTQ di Kab. Bantaeng.

Pembukaan MTQ dihadiri Ketua DPRD Kab. Bantaeng Hamsyah, A.Md serta Bupati Bantaeng yang diwakili oleh Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan H. Hartawan yang sekaligus membuka secara resmi MTQ.

Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng Bapak Dr. H. Muhammad Yunus. S.Ag., M.Ag bersama Ketua DWP Kantor Kemenag Bantaeng Ibu Hj. St. Hasnah. S.Ag, Camat Sinoa beserta jajaran dan beberapa Camat lainnya, Kepala KUA Kec. Sinoa beserta jajaran, serta para Kepala Desa se Kecamatan Sinoa. Turut hadir sejumlah Camat dan Kades dari Kecamatan lainnya.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kec. Sinoa dan Kantor Urusan Agama Kec. Sinoa yang telah menggagas dan menginisiasi kegiatan MTQ di tingkat Kec. Sinoa ini.


Lebih lanjut Kakan Kemenag menyampaikan ungkapan rasa kegembiraannya mendengar kesiapan Kecamatan Sinoa untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kab. Bantaeng tahun 2020 sebagaimana yang disampaikan oleh Camat Sinoa dalam sambutannya.

Ini tentunya menjadi sebuah angin segar dalam pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten, karena agenda penetapan lokasi pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten yang kadang membuat Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ menjadi alot dan memakan waktu dan energi yang cukup besar, dapat dianggap selesai dengan kesediaan Kecamatan Sinoa sebagai tuan rumah.

Kakan Kemenag juga menyampaikan apresiasinya atas gagasan yang disampaikan oleh Camat dan Kepala KUA Sinoa bahwa kedepan pelaksanaan MTQ tidak hanya dilaksanakan di tingkat Kecamatan tapi juga di tingkat Desa.

Kakan Kemenag juga sepakat dengan bapak Camat dan Kepala KUA bahwa MTQ Tingkat Kecamatan ini jangan hanya dianggap sebagai ajang seleksi menuju MTQ tingkat Kabupaten saja, akan tetapi lebih jauh dari itu bahwa MTQ tingkat Kecamatan ini seyogyanya dijadikan sebagai syiar Islam serta dalam rangka pembinaan masyarakat dibidang kegamaan.

Kakan Kemenag juga menambahkan bahwa kedepan kegiatan seperti ini akan lebih baik jika dilaksanakan di setiap masjid yang ada di desa-desa mulai dari lomba wudhu, lomba bacaan surah-surah pendek hingga lomba tilawah, demi lebih meningkatkan syiar Islam dan pembinaan keagamaan serta untuk lebih membumikan Al Qur'an di tengah-tengah masyarakat.

Terakhir, Kakan Kemenag menyampaikan harapannya kepada Pemerintah dan Ketua DPRD yang merupakan putra daerah Sinoa-Uluere agar kedepan dana pembinaan SBQ di tingkat Kecamatan dapat