Kakan Kemenag Hadiri Pembukaan Musywil Tarjih II Muhammadiyah Sulsel Yang Dipusatkan Di Bantaeng

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Musyawarah Tarjih merupakan kegiatan rutin yang diprogramkan Majelis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan. Musyawarah Tarjih kedua ini akan berlangsung selama 3 hari (20-22/12/19) di Rest Area pantai Marina Desa Baruga, Kec. Pa''jukukang.

Musywil dibuka secara resmi oleh Bupati Bantaeng Dr. H. Ilhamsyah Azikin, M.Si bertempat di Baruga Karaeng Latippa kawasan Pantai Marina.

Hadir pada acara pembukaan, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pimpinan Pusat Majelis Tarjih dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Wabup Bantaeng, H. Sahabuddin beserta sejumlah unsur Forkopimda lainnya.

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, S. Ag, M.Ag beserta segenap jajaran.

Peserta Musyawarah Tarjih II berasal dari seluruh Majelis Tarjih Muhammadiyah Kabupaten/ Kota Se Sulsel (kecuali 2 kabupaten, Toraja Utara dan Luwu) dan beberapa ormas lainnya diantaranya NU dan Wahda Islamiah.

Kegiatan ini akan mentarjihkan beberapa masalah yaitu ; zakat kontemporer, fikih lalu lintas, fikih lingkungan, fikih berpakain dan fikih hukum penjabat muslim  mengucapkan salam agama lain.

Ketua Panitia Musywil Tarjih II yang juga Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tahdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Dr Abbas Baco Miro Lc dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musyawarah Tarjih merupakan salah satu program unggulan Majelis Tarjih & Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel.

“Sesuai dengan amanat dari Majelis Tarjih Pusat bahwasanya Musyawarah Tarjih Tingkat Wilayah diadakan sekurang-kurangnya dua kali, yang mana pertama dilaksanakan di Kota Palopo dan yang kedua di Kabupaten Bantaeng ini,” ungkapnya

Senada dengan itu, KH Jalaluddin Sanusi menyampaikan bahwasanya Musyawarah Wilayah Tarjih II ini akan melebihi dari apa yang ditargetkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Kalau Muhammadiyah meminta dua kali, maka kita akan laksanakan tiga kali di Makassar pada bulan April,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bantaeng dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas terselenggaranya musyawarah Tarjih tingkat provinsi Sulsel ini. Beliau menyambut baik kegiatan yang dipusatkan di Kab. Bantaeng ini dan berterima kasih kepada panitia pelaksana karena telah memilih Kab. Bantaeng sebagai tempat bermusyawarah.

Untuk itu, sebagai ucapan terima kasih dan bentuk penyambutan yang hangat bapak Bupati, selain memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Musywil Tarjih di Kawasan wisata Pantai Marina ini, beliau juga mempersilahkan para peserta Musywil untuk menikmati tempat-tempat wisata lainnya seperti Permandian Eremerasa, Permandian Air Terjun Bissappu dan lain-lain secara gratis. (mhd)