KAKAN KEMENAG BANTAENG BUKA REKRUTMEN PETUGAS HAJI MUSIM HAJI 1441 H/2020 M

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Bertempat di Ruang Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Bantaeng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng Bapak Dr. H. Muhammad Yunus, S.Ag., M.Ag didampingi Kasi PHU H. Muhammad Arfah, S.Ag dan Kasubag Tata Usaha H. Muhammad Tahir, S.Ag, MM membuka secara resmi Test Kompetensi Tingkat Pertama Rekrutmen Calon Petugas Haji Kloter Tingkat Kabupaten Bantaeng Tahun 1441 H/2020 M. (Selasa, 4 Februari 2020).

Test Rekrutmen Calon Petugas Haji Kloter untuk musim haji tahun 1441 H/2020 M tingkat Kab. Bantaeng kali yang diikuti sebanyak 4 orang peserta yang telah dinyatakan lulus berkas ini turut dihadiri Tim Pemantau dari Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel.



Jumlah pendaftar petugas haji kloter untuk musim haji tahun 2020 tingkat Kab. Bantaeng kali ini agak sedikit berkurang dibanding pada tahun-tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan Kab. Bantaeng pada musim haji kali ini hanya mendapat jatah petugas Pembimbing Ibadah haji (PPIH) dengan persyaratan-persyaratan yang cukup ketat sedemikian rupa, diantarnya peserta harus pernah berhaji dan mengantongi sertifikat haji.

Beberapa pendaftar petugas haji kloter yang mendaftar tahun lalu, pada tahun ini mencoba peruntungan pada jalur Petugas Haji Non Kloter, yang saat ini tahapan rekrutmennya juga sedang berlangsung di Kanwil Kemenag Sulsel.

Tes Kompetensi Tingkat Pertama Rekrutmen Calon Petugas Haji Kloter yang dilaksanakan secara serentak se Indonesia yang dimulai tepat pukul 10.00. wita (09.00.wib) ini menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dengan jumlah soal sebanyak 60 soal dan berakhir tepat pukul 11.00 wita (60 menit).

Kakan Kemenag Bantaeng dalam sambutannya sebelum membuka rekrutmen secara resmi, menyampaikan selamat kepada para peserta dan berharap dari 4 peserta yang ikut ini nantinya ada yang lolos sebagai petugas PPIH mendampingi jemaah haji pada musim haji tahun 1441 H/2020 M ini.

"Rekrutmen petugas haji ini cukup transparan dengan menggunakan sistem CAT, ini selangkah lebih maju dari sebelumnya, hal ini dilakukan Kementerian Agama tentunya dalam rangka merekrut petugas haji yang lebih profesional". Ungkap Kakan Kemenag.

"Dari 4 orang yang ikut Test CAT ini, nantinya akan dikirim 2 orang yang akan mendapatkan rekomendasi untuk mengikuti tes lebih lanjut di tingkat provinsi". Tambahnya.

"Dari segi kompetensi saya kira semua peserta tidak diragukan, akan tetapi dalam rekrutmen ini hanya 2 yang akan dikirim ke tingkat Kanwil, sehingga kami hanya mengikutkan 2 peserta". Imbuhnya.

Adapun para peserta yang ikut Test adalah sebagai berikut:

1. Drs. H. M Ribi, MM (Kasi Bimas Islam)

2. H. Arifuddin, Lc (Kepala KUA Kec. Gantarangkeke )

3. Hj. Rohani Madjid, S.Ag, MM, (Pengawas Madrasah Tingkat Menengah)

4. H. Syarief Hidayat, Lc, MA, (Penghulu Fungsional KUA Kec. Bantaeng)