Kakan Kemenag Beserta Istri Hadiri Prosesi "Lette Balla" Bupati Bantaeng

Bantaeng, (Humas Bantaeng) - Kakan Kemenag Bantaeng H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag beserta istri hari ini (Ahad 15/5/2016) menghadiri prosesi "Lette Balla" atau "Pindah Rumah" yang dilaksanakan oleh Pemkab Bantaeng bersama dengan Keluarga Besar Balla Lompoa Bantaeng.

Prosesi "Lette Balla" atau Pindah rumah dimaksud adalah prosesi pemindahan beberapa barang-barang milik keluarga Balla Lompoa Letta yang selama ini tersimpan di Balla Lompoa Lantebung yang berjarak kurang lebih 100 meter dari Balla Lompoa Letta yang saat ini dipakai oleh Bupati NA untuk menerima tamu dan melaksanakan aktivitas kedinasan lainnya berhubung rumah dinas bupati saat ini sedang dalam tahap rehab berat.

Menurut salah seorang panitia yang dihubungi mengungkapkan bahwa acara "Lette Balla" atau Pindah Rumah" ini hanya merupakan acara seremonial demi menghormati budaya para leluhur dan juga sebagai pertanda digunakannya Rumah Adat Balla Lompoa sebagai Rumah Dinas Bupati sementara oleh Pemerintah Kab. Bantaeng dibawah pemerintahan Bupati Nurdin Abdullah (NA) yang nota bene adalah juga merupakan salah seorang keturunan Raja Bantaeng.

Acara "Lette Balla" yang juga dihadiri oleh Bupati tetangga Bumi Panrita Lopi Bulukkumba A. Syukri Sappewali ini memang tampak meriah dengan berbagai corak dan warna warni "baju bodo" dan "jas tutup" yang dikenakan oleh para tamu dan undangan termasuk para "Keluarga Balla Lompoa".