Puslitbang Pendidikan Agama Dan Keagamaan Kemenag RI Gelar Workshop Di Bantaeng

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Puslitbang Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Badan Litbang Serta Diklat Kementerian Agama RI menggelar Worshop Model Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan (Pesantren) Wilayah Maritim di daerah tertinggal, yang berlangsung selama 3 hari (29 Nopember - 1 Desember 2016), bertempat di Marina Beach Hotel, Pantai Marina, Desa Baruga Kec. Pa'jukukang Kab. Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan.

Workshop yang diikuti oleh 75 orang peserta perwakilan dari Pondok Pesantren yang berasal dari Provinsi Sulbar, Sultra dan Sulsel sendiri ini dibuka oleh Kepala Puslitbang Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Dr. H. M. Hamdar Arraiyyah, M.Ag, didampingi Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel Dr. H. Kaswad Sartono mewakili Kakanwil Kemenag Sulsel dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag (Selasa, 29/11/2016)

Kegiatan Workshop yang dilaksanakan di lokasi wisata Pantai Marina dengan menggunakan semua kamar hotel yang tersedia, baik di Hotel Utama Marina Beach hingga ke Cottage ini berlangsung cukup lancar dan sangat interaktiv dengan materi-materi yang dibawakan oleh Narasumber yang antara lain berasal dari Balitbang dan Diklat Kemenag RI, Universitas Hasanuddin, BLA Makassar, Dinas Perikanan dan Kelautan Kanwil Provinsi Sulsel, Kakan Kemenag Bantaeng, Komunitas Pesisir dari Kab. Talalar dengan materi-materi sebagai berikut :

1. Pengembangan Ekonomi melalui Pesantren di kawasan maritim:Tantangan dan Peluang,
2. Islam dan budaya kemaritiman di pesisir Sulawesi,
3. Sistem Pengelolaan Pendidikan Pesantren,
4. Pengembangan potensi Ekonomi maritim melalui pesantren
5. Model pengembangan pendidikan keagamaan di wilayah pesisir
6. Model dan strategi pengembangan kemandirian ekonomi Pesantren Maritim, dan
7. Sistem pengembangan pendidikan keagamaan berbasis ekonomi di kawasan maritim.

Workshop ditutup siang tadi oleh Kabid Litbang Pendidikan Non Formal dan Informal Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang serta Diklat Kementerian Agama RI, Dr. Muh. Murtado di Baruga Kr. Latippa Marian Beach Hotel Kab. Bantaeng, Kamis tanggal 1 Desember 2016, dengan harapan semoga kegiatan yang berskala regional yang dipusatkan di Kab. Bantaeng ini dapat memberi manfaat kepada seluruh peserta dalam mengembangkan pendidikan Agama dan Keagamaan di Pondok pesantren masing-masing khususnya di wilayah maritim/pesisir.