Arisan DWP Kemenag Bantaeng, Hj St. Basse Ingatkan Sebuah Ungkapan Sayyidina Ali

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Dihadiri sebanyak 30 orang anggota, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Bantaeng gelar arisan periode bulan Februari 2017 bertempat di Aula Kantor Kemenag Kab. Bantaeng, Jum'at 10/2/2017.

Arisan dihadiri oleh Ibu Ketua DWP Kantor Kemenag Bantaeng Hj. St Hasnah, S.Ag dan Pengawas PAIS Dra. Hj. St. Basse yang bertindak sebagai pembawa hikmah dengan tema ceramah yang mengangkat ungkapan bijak Khalifah Sayyidina Ali berbunyi
من عرف نفسه فقد عرف ربه
Man ‘Arafa Nafsahu, Faqad ‘Arafa Rabbahu
yang artinya: Barang siapa yang mengenal dirinya, sungguh ia telah mengenal Tuhannya. Begitu kira-kira terjemahan bebas dari ungkapan di atas. Sebuah pernyataan yang sangat masyhur di kalangan praktisi tasauf di nusantara bahkan dunia.

Banyak yang mempertanyakan otentesitas ungkapan tersebut sebagai hadis Nabi, benarkah ia sebuah petuah yang langsung disampaikan oleh Nabi SAW, ataukah hanya sebuah kata-kata hikmah seorang ulama yang kemudian dinisbatkan kepada Nabi SAW. Lalubagaimana pula dengan pemaknaannya, apa relasi antara mengenal diri sendiri dengan mengenal Tuhan? Sejauh mana pengenalan seseorang terhadap dirinya bisa mengantarkannya untuk mengenal Tuhannya?

Namun bukan itu inti dari ceramah Hj. Basse kali ini, tapi terlebih dari himbauan agar kita memiliki sifat tawaddu, jangan kita membangga banggakan diri karena apa yang kita miliko, semua itu merupakan amanah yang akan kita pertanggung jawabkan.

Lebih lanjut Ust. Hj. Basse dalam tauziyahnya mengajak kepada kita semua untuk mengambil sifatnya lebah yang mengandung madu, semua orang menyukainya dan janganlah kita mengambil sifatnya lalat yang membawa penyakit. Jadikanlah kehadiran kita membawa manfaat bagi orang lain dan membuat orang merindukam kehadiran kita dan janganlah kehadiran kita membawa kebencian bagi orang lain sehingga orang yang ada disekitar kita akan menjauhi kita. Demikian Tauziyah ust. Hj. Basse mengisi acara arisan DWP kali ini, semoga manfaat.