Download Materi Sosialisasi UIN Alauddin Makassar Tentang SNMPTN dan SBMPTN 2017

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar yang digelar di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng oleh Prof. Dr. Darus Salam, M.Ag, Dekan Fakuktas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar bersama Kabag Akademik Dra. Hj. Suharti, M.Pd  yang berlangsung selama 1 hari (Senin 6 Februari 2017) sejatinya menjadi materi yang sangat berharga bagi setiap siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, akan tetapi karena keterbatasan waktu, sosialisasi yang relatif singkat tersebut tentunya kurang efektif untuk memahfumkan para siswa peserta sosialisasi.

Untuk itu dibawah ini, Humas Kemenag Bantaeng merilis dokumen online untuk dapat diunduh dan dipelajari dengan lebih detil dan seksama.

Secara umum ada 2 Inti Informasi yang disampaikan pada sosialisasi yang dilaksanakan oleh UIN Alauddin Makassar dihadapan kurang lebih 60 siswa perwakilan dari seluruh Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta se Kabupaten Bantaeng  kemarin, yakni mengenai:

1. SBMPTN 2017 : merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama dibawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer-Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

2. SNMPTN 2017 : merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.

Selengkapnya tentang sosialisasi dimaksud dapat diunduh pada tautan berikut ini:

Materi Sosialisasi UIN Alauddin Makassar