Jelang Pelepasan, Kemenag Bantaeng Gelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Bantaeng, (19/7) - Setelah seluruh rangkaian Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan selesai, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan di Dinas Kesehatan Kab. Bantaeng beberapa waktu yang lalu, Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menggelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten bertempat di Masjid Agung Syekh Abdul Gani Kab. Bantaeng, (Rabu, 19/7).

Sebanyak 184 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kab. Bantaeng musim haji tahun 1438 H/ 2017 M, dari 8 Kecamatan yang dibagi kedalam 4 rombongan dan 17 regu, dimana tiap rombongan terdiri dari 45 orang, dan tiap regu terdiri dari 11 orang ini mendapat bimbingan praktek mengenai tata cara memakai Ihram, do'a Talbiyah, praktek tawaf, sa'i, lontar jamrah dan lain-lain dari narasumber.

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Bapak H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag, Kasubag TU Bapak H. Muh Ahmad Jailani, S.Ag, MA, Kasi PHU H. Muh Tahir, S.Ag, MM, dan H. Abd. Khaliq P, S.PdI, M.PdI yang sekaligus bertindak sebagai narasumber.

Menurut Kasi PHU H. Muh Tahir, S.Ag, MM, Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten ini merupakan penguatan dari Bimbingan Manasik Haji yang dilaksanakan selama 8 hari di tingkat Kecamatan.

H. Muh. Tahir menyadari bahwa Bimbingan manasik haji yang dilaksanakan di tingkat Kecamatan, jemaah sangat kurang menerima bimbingan praktek manasik haji, untuk itu beliau berharap Bimbingan manasik haji tingkat Kab. Bantaeng kali ini dapat lebih mempermantap pemahaman para Jemaah Calon Haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benar sesuai tuntunan.







Dalam kesempatan ini Kakan Kemenag Bantaeng yang juga merupakan Petugas Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI) bagi JCH Bantaeng yang dalam musim haji 1438 H/ 2017 M ini tergabung dalam kloter 2 bersama JCH Kab. Soppeng dan sebagian JCH Kota Makassar juga berkesempatan memberikan arahan-arahan kepada para petugas haji yang terdiri dari TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia), TPHD (Tim Petugas Haji Daerah), maupun Karom (Ketua Rombongan) dan Karu (Ketua Regu)

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji tingkat Kab. Bantaeng ini juga dirangkaikan dengan penyerahan koper dan kacu kepada para jemaah.

Jadwal selanjutnya menurut panitia adalah Kegiatan Olah Raga yang akan dilaksanakan besok pagi (Kamis, 20/7) bertempat di lapangan Pantai Seruni, kemudian Pelepasan secara resmi yang direncanakan pada hari Sabtu, 22/7/2017, sambil menunggu keputusan dari pihak Pemkab Bantaeng dan pemberangkatan para jemaah adalah pada tanggal 28 Juli 2017 menuju Asrama Haji Sudiang Makassar dan keesokan harinya yakni pada tanggal 29 Juli 2017, terbang menuju Madinatul Munawwarah bersama JCH Kab. Soppeng dan Makassar pada Kloter 2 Embarkasi Hasanuddin Makassar. (Mhd)