Penuhi Rasio Pengawas, Kemenag Bantaeng Utus 10 ASN Ikut Ujian Kompetensi

Sudiang, (19/7) - Dalam rangka memenuhi Rasio Pengawas Madrasah di lingkungan Kanwil Kemenag Sulsel, Bidang Pendidikan Madrasah menggelar Ujian kompetensi pengawas, bertempat di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Ujian Kompetensi pengawas dilaksanakan selama 1 (satu) hari yakni tanggal 19 Juli 2017, yang diikuti oleh sekitar dua ratus ASN lingkup Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se Sulsel.


Kantor Kemenag Kabupaten Bantaeng mengutus 10 orang ASN nya dalam Ujian Kompetensi ini antara lain : Nurmiati, H, S.PdI (Ka. RA Perwanida 1), Muhammad Arif Pither, S.Ag, MM (Guru Muda pada MTsN Bantaeng), Syarifuddin, S.PdI, M.PdI (Kamad MTs Al Mansur Biangloe), Dariso, S.PdI, (Kamad MTs As'adiyah Dapoko), Sukmawati, S.Si, MM (Guru Muda pada MAN Bantaeng), Yuhanis, S.Ag (Guru Muda pada MTsN Bantaeng), Hj. Sunarti, S.Pd, MM (Guri Muda pada MTsN Bantaeng), Syahrun Hidayat, H. Salahuddin, SR, S.PdI, M.PdI (Guru Muda MA Muhammadiyah Bantaeng), dan Ahmad Abni (Guru Muda pada MTsN Bantaeng).

Kegiatan ini dibuka oleh Kabid Pendma Kanwil Kemenag Sulsel Ibu Dr. Hj. Yuspiani, M.Pd

Dalam arahannya, Hj. Yuspiani menyampaikan pentingnya rekrutmen pengawas dengan rasio madrasah yang tidak sebanding dengan jumlah pengawas saat ini

Menurut Ibu Kabid, per hari ini jumlah pengawas yang ada SKnya hanya ada sekitar 30 orang, sedang madrasah yang ada sekitar seribu madrasah.

Lebih lanjut Kabid Pendma menyampaikan bahwa Ujian ini merupakan SIM untuk menjadi pengawas, dan masih ada kelanjutan pelatihan berikutnya jika memang berhasil diangkat menjadi pengawas". Ujar bu Kabid.

Menurut keterangan Rostini, S.Pd, staf Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Bantaeng, Pengawas yang dimiliki Kantor Kemenag Bantaeng saat ini berjumlah 6 orang, 3 orang diantaranya merupakan pengawas madrasah, sedang 3 orang lainnya adalah pengawas PAIS pada Sekolah Umum.

Lanjut bu Rostini, jumlah seluruh Madrasah yang ada dalam lingkungan Kantor Kemenag Kab. Bantaeng saat ini (yang memiliki Izin Operasinal) adalah sebanyak 71 Madrasah yang terdiri dari: MI : 21, MTs: 30, dan MA: 20 sedang RA sebanyak 12 buah.