Pemkab Bekerjasama Dengan Kantor Kemenag Bantaeng Gelar Pawai Hijratur Rasul Menyambut Tahun Baru Islam 1439 H

Bantaeng, (21/9) - Kegiatan rutin menyambut tahun baru Islam, yakni Pawai Hijratur Rasul kembali digelar di Kab. Bantaeng.

Kegiatan yang melibatkan ribuan masyarakat Kab. Bantaeng baik perorangan maupun kelompok ini memang selalu mendapat perhatian dan antusias seluruh lapisan masyarakat

Dengan berpakaian serba putih, para peserta pawai sejak pagi (Kami, 21/9) telah saling berdatangan dari seluruh penjuru kota dan desa memenuhi halaman Kantor Bupati Bantaeng, tempat dimana pawai hijtatur Rasul akan dilepas.

Pelaksanaan pawai Hijratur Rasul kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya penanggung jawab kegiatan adalah Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng bekerjasama dengan FKUB Kab. Bantaeng, maka pada tahun ini diambil alih oleh Pemkab sebagai penanggung jawab, hal ini menurut Kakan Kemenag Bantaeng Bapak H. Muhammad Yunus adalah didasari pemikiran bahwa Tahun baru Hijriyah selayaknya menjadi perayaan bagi seluruh masyarakat Muslim, sehingga patutlah kiranya jika Pemerintah Kab. Bantaeng mengambil alih kegiatan ini. Akan tetapi meskipun Pemkab Bantaeng telah bertindak sebagai penanggung jawab kagiatan, namun karena kegiatan ini bernuansa keagamaan, maka secara teknis, pelaksana kegiatan tetap ditangani oleh Kantor Kemenag Bantaeng dibantu oleh bagian Kesra Setda Bantaeng.

Demikian pula dari segi rute, kali ini rute yang dilalui sedikit agak panjang. Jika tahun lalu rute yang dilalui cukup ringkas yakni menyusuri jalan poros Negara dari mulai jalan A. Mannappiang hingga finish di jalan Seruni, kali ini rutenya cukup panjang karena menyusuri jalan provinsi hingga ke jalan-jalan Kabupaten yang cukup sempit demi menghindari terjadinya macet. (Mhd)