Kakan Kemenag Bantaeng Narasumber LDK Di Ponpes Syeh Muhammad Ja'far Banyorang Bantaeng


Bantaeng, (27/12) - Diikuti sebanyak 66 orang siswa Ponpes Syeh Muhammad Ja'far Banyorang Bantaeng, Kakan Kemenag Bantaeng bapak H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag berkesempatan menjadi narasumber pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Angkatan X Tahun 2017, yang digelar di kompleks Ponpes Syeh Muhammad Ja'far, Banyorang Kec. Tompobulu Kab. Bantaeng, (Rabu, 27/12/2017)

LDK yang diikuti oleh siswa kelas 1 dan 2 dari 4 tingkatan pada Ponpes yang didirikan oleh Prof Dr. H. Muhammad Ghalib MA ini dibuka sejak hari Ahad (24/12/2017) dan akan berlangsung hingga tanggal 31 Desember 2017 (ditutup malam tahun baru).

Adapun judul materi yang disampaikan oleh Kakan Kemenag kepada 66 orang siswa dari 4 tingkatan : SMP, MTsQ, SMK, dan MAPK (Madrasah Aliyah Program Khusus Keagamaan) ini berjudul : Kepemimpinan Dalam Islam.

Selain Kakan Kemenag, narasumber lain yang juga berkesempatan menyampaikan materi kali ini antara lain Kapolres Bantaeng, Dandim 1410 serta tokoh kepemudaan asal Bantaeng yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kab. Maros bapak Ilham Azikin.

Menurut panitia, kegiatan rutin ini telah berlangsung selama beberapa tahun di Ponpes ini yang intinya agar anak-anak menghabiskan malam tahun baru di pondok bersama teman-teman.

Dalam materinya, Kakan Kemenag menyampaikan : Mengapa harus ada pemimpin?, supaya ada yang mengarahkan dan menjadi teladan.

Konsep kepemimpinan yang paling bagus menurut beliau adalah keteladanan dan keteladan yang paling patut untuk diikuti adalah Keteladanan Rasulullah Muhammad SAW.

Ada 4 sifat Rasulullah yang patut menjadi teladan yang baik dalam hal kepemimpinan yakni:
  1. Ziddiq (Jujur).
  2. Amanah (terpercaya)
  3. Tablig (Komunikatif)
  4. Fatonah (Cerdas).