Kakan Kemenag Bantaeng Hadiri Peresmian 28 Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Oleh Menag RI

Makassar, (25/1) - Bersama segenap Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan, Kakan Kemenag Bantaeng H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag turut menghadiri Peresmian Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Melalui Pembiayaan SBSN TA. 2017 yang dirangkaikan dengan Pembinaan ASN Lingkup Kanwil Kemenag Sulsel oleh Menteri Agama RI Bapak H. Lukman Hakim Saifuddin, bertempat di Aula Kanwil Kemenag Sulsel (Kamis, 25/1).

Turut menyaksikan peresmian 28 Balai Nikah dan Manasik Haji se Sulsel ini, tokoh Agama Sulsel KH Sanusi Baco, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Ketua MUI Sulsel, tokoh masyarakat, alim ulama serta ratusan ASN Kanwil Kemenag Sulsel.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya mengatakan pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji ini merupakan cara Kementerian Agama untuk memberdayakan KUA secara efektif yang banyak tersebar di seluruh Indonesia dan ini patut untuk disyukuri.

Menag berharap KUA tidak hanya menjadi balai nikah melainkan juga akan di fungsikan lebih baik lagi misalnya sebagai tempat bagi pasangan muda untuk mendapat wawasan yang cukup yang kita kenal dengan bimbingan perkawaninan. “Artinya setiap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan harus mengerti hakikat perkawinan itu. Kita sangat khawatir, angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga terus meningkat dari tahun ke tahun," kata Menag.

Berikut ini Balai Nikah dan Manasik Haji yang diresmikan Menag antara lain :

1. Kab. Bone terdiri dari: KUA Kec. Ponre, Kec. Cina, Kec. Kahu, Kec. Barebbo dan Kec. Tellusiattingnge.
2. Kab. Bulukumba: KUA Kec. Rilau Ale dan Kec. Ujung Bulu.
3. Kab. Jeneponto: KUA Kec. Tamalatea dan Kec. Bangkala Barat
4. Kab. Luwu: KUA Kec. Lamasi Timur, Kec. Walenrang Timur dan Kec. Suli
5. Kab. Luwu Timur: KUA Kec. Nuha
6. Kab. Luwu Utara: KUA Kec. Tana Lili dan Kec. Limbong
7. Kab. Maros: KUA kec. Cenrana Kota Maros dan Kec. Tanralili
8. Kota Palopo: KUA Kec. Wara
9. Kab. Pangkep: KUA Kec. Bungoro
10. Kota Parepare: KUA Kec. Bacukiki
11. Kab. Sidrap: KUA Kec. Tellulimpoe dan Kec. Panca Lautang
12. Kab. Soppeng: KUA Kec. Marioriwawo
13. Kab. Takalar: KUA Kec. Galesong dan Kec. Pulombangkeng Selatan
14. Kab. Pinrang: KUA Kec. Batulappa dan Watang Sawitto, serta
15. Kab. Gowa: KUA Kec. Bontomarannu.

Dalam kesempatan itu hadir pula Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI Ibu Trisna Willy Lukman Hakim dalam rangka kunjungan silaturrahmi dan pembinaan DWP Kemenag Sulsel yang akan digelar pada hari Jum'at tanggal 26 Januari 2018 ditempat yang sama.