Mengisi Kultum Ramadhan Di Hadapan Kakan Kemenag Bantaeng, Basri Mengaku Cukup Berat

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Hari ke 7 Ramadhan 1439 H yang bertepatan dengan Rabu tanggal 23 Mei 2018 M, Kultum Ramadhan ba'da Dhuhur di Mushallah Al Ikhlas Kantor Kemenag Bantaeng kembali digelar.

Kultum kali ini diisi oleh Basri. S.PdI, Penyuluh Agama Islam KUA Kec. Tompobulu Bantaeng dengan mengangkat tema "Keistimewaan-Keistimewaan Shalat".

Ada 3 Keistemawaan-keistimewaan Shalat menurut Basri:

1. Ketika Shalat kita bagus maka seluruh perbuatan atau prilaku kita juga baik. Innas Shalaata tanha anil fahsyai wal mungkar : Shalat menghindarkan kita dari perbuatan fahsya dan mungkar. Inilah keistimewaan Shalat yang pertama yakni menghindarkan diri dari perbuatan fahsya dan mungkar.

2. Keistimewaan Shalat yang kedua adalah bahwa Shalat dapat membuat hati menjadi tenang. Orang yang benar Shalatnya, maka niscaya hatinya akan merasa tenang. Sebagaimana ayat yang berbunyi: "Ala bidzikrillah tathmainnul qulub ” : Hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram (QS.13 : 28)

3. Dan keistimewaan Shalat yang ketiga adalah, dengan Shalat, Allah akan memberikan jaminan rejeki kepada kita di dunia dan akhirat, sebagaimana firman Allah: Wamayya taqillaaha yaj ‘allahu mahrajan. Wayarzuqhu minhaitsu laayahtasib : Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan lepaskan ia dari masalah hidup dan diberikannya rezeki dari sumber yang tidak diduga.



Penceramah yang masih merupakan Penyuluh Non PNS ini mengaku sangat berat berdiri dihadapan jemaah, apalagi diantara jemaah hadir Kepala Kantor Kemenag Bantaeng H. Muhammad Yunus, dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Muh. Ahmad Jailani. Namun karena ini amanah yang dibebankan kepadanya, maka dirinya harus melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Akunya. (mhd).