Persiapan KSM 2018 Tingkat Provinsi, Kemenag Bantaeng Gelar Simulasi


Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Dalam rangka persiapan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2018 tingkat provinsi, Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan melalui Bidang Pendidikan Madrasah menyelenggarakan simulasi KSM secara serentak se Sulawesi Selatan.

Sehubungan dengan itu, Kantor Kementerian Agama Kab Bantaeng melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar simulasi dimaksud bertempat di MA Muhammadiyah Bantaeng, Kamis (28 Juni 2018).

Menurut Kepala MA Muhammadiyah Bantaeng H. Salahuddin, berdasarkan arahan bapak Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Drs. H. A. Muh. Baedawi, MM, kegiatan simulsi KSM dengan sistem CBT (Computer Based Test) ini dipusatkan di MA Muhammadiyah Bantaeng dengan memanfaatkan fasilitas lab Komputer yang dimiliki madrasah ini.

Peserta yang ikut simulasi ini lanjut H. Salahuddin adalah sebanyak 22 orang yang terdiri dari 4 siswa tingkat MI, 6 siswa tingkat MTs dan 12 siswa tingkat MA.

Simulasi KSM berbasis kompter ini dibagi dua sesi. Sesi pertama dimulai jam 09.00 yang diikuti tingkat MI dan MTs sedangkan sesi kedua dimulai jam 10.40. Wita, diikuti oleh siswa MA.

Sebagaimana diketahui KSM di tingkat Kabupaten telah digelar secara serentak pada 12 Mei 2018 yang lalu, sedang untuk KSM Provinsi ini akan digelar pada 25 juli 2018 mendatang dan untuk KSM Nasional, akan digelar pada 17 – 21 September 2018 di Kota Bengkulu.

Pada KSM tingkat Kabupaten/Kota, lomba berupa tes tertulis berbasis kertas pensil atau paper based test, sedang ntuk KSM tingkat Provinsi sudah berbasis komputer atau CBT.

Sementara untuk KSM Nasional, selain tes tertulis berbasis CBT, juga ada tes eksperiman/eksplorasi. Penilaian akan dilakukan secara terpusat oleh Komite KSM Nasional.