Pelatihan Muballigh-Muballighah Se Indonesia Timur Di Kabupaten Bantaeng Bertabur Narasumber Ternama

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Berlangsung selama 3 hari (27 - 29 Juli 2018) di Rest Area Pantai Marina Kab. Bantaeng, sebanyak kurang lebih 100 orang muballigh-muballighah se kawasan Indonesia Timur mengikuti Pelatihan Muballigh-Muballigah yang dilaksanakan oleh Yayasan Islamic Center Masjid Al Markas Al Islami Jenderal M Yusuf Makassar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Pelatihan Muballigh-Muballigah yang merupakan angkatan ke 9 dengan mengusung tema "Peningkatan Profesionalisme Da'i Dalam Berdakwah Bil Hikmah Berbasis Sains Menuju Qur'ani " ini menurut Ketua Panitia, Prof. Dr. Ir. H. Syafruddin Syarif, MT, bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan kompetensi muballigh-muballighah dalam pengetahuan Keislaman, Sains/Teknologi dan pengetahuan pendukungnya meliputi : teori komunikasi, psikologi  dan teori sosiologi,
  2. Membentuk muballigh-muballighah smart yang mengutamakan persatuan dan kepentingan ummat dalam berdakwah
  3. Menjadi mediator dalam menjalin silaturrahmi antar pengurus masjid dan lembaga dakwah dalam berbagai bentuk aktivitas dakwah.
Adapun metode kegiatan terdiri atas: 
  1. Ceramah dan khutbah antara lain: khutbah jum'at, Idul Fitri, Idul Adha, ceramah ramadhan, nikah, ta'ziah, maulid Nabi dan lain-lain,
  2. Diskusi,
  3. Simulasi,
  4. Praktek pembuatan naskah/pokok-pokok fikiran kultum, khitbah jum'at dan ceramah ramadhan,
  5. Praktek berupa kultum ceramah dan khutbah.





Dalam kegiatan ini, panitia mengagendakan sejumlah narasumber yang mempunyai reputasi Nasional dan Internasional untuk menyampaikan materi antara lain: Prof. Dr. H. Basri Hasanuddin, MA, Prof. Dr. H. Abd. Rahman Getteng, MA, Prof. Dr. H. Mansyur Ramli, MS, Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA, Dr. H. Das'ad Latief, MS, Dr. H. Usman Jasad, M.Pd dan lain-lain. (mhd)