Inilah Siswi MA Ma'arif Campagaloe Bantaeng Yang Akan Mewakili Sulsel Pada KSM Tingkat Nasional


Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Menjadi juara pada sebuah even tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri apalagi jika even yang diikuti berskala regional bahkan lebih tinggi lagi.

Kita sering mendengar dan menyaksikan seorang yang berhasil lolos pada lomba pencarian bakat di media televisi yang katanya mewakili daerahnya.

Bahkan setelah berhasil sampai pada level tertentu, dukungan pun mengalir begitu masif dari kerabat se kampung bahkan dari Kepala Daerah guna memberikan support dan semangat atau dalam bentuk lain yang dapat melambungkan sang dukungannya menuju ke puncak dan menjadi the winner.

Lantas akankah jika dukungan itu ditujukan kepada anak yang berprestasi di bidang pendidikan mendapatkan hal yang sama dengan kontestan di even-even semisal ajang pencarian bakat diatas.

Mari kita lihat reaksi dan respon masyarakat serta pemerintah kita, ketika seorang anak didik menjadi juara di event Kompetisi Sains Madrasah (KSM), sebuah kompetisi yang digelar Kementerian Agama secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota hingga ke tingkat Nasional.

Adalah Mirawati, seorang siswi Madarasah yang duduk di kelas X pada MA Ma'arif Campagaloe Kec. Bissappu Kab. Bantaeng telah mengharumkan nama Butta Toa Kab. Bantaeng dengan berhasil mengungguli para peserta dari 23 Kabupaten/Kota se Sulsel dan menjuarai Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sulsel tahun 2018 pada cabang bergengsi yakni Mata Pelajaran Matematika Terintegrasi.

Putri ke 3 dari 4 bersaudara ini terlahir dari keluarga sederhana pasangan bapak Mangngalle dan ibu Sioro yang beralamat di Kelurahan Bonto Jaya, Kec. Bissappu yang berprofesi sebagai petani.

Selain Mira, seorang siswi madrasah lainnya pada tingkat MTs juga meraih prestasi yang sama meskipun hanya keluar sebagai juara II, namun melihat mata pelajaran yang diikutinya yaitu Mapel IPA Terpadu, juara yang disandang Azizah Aprilia Hasti utusan dari MTs DDI Mattoanging Bantaeng ini pun termasuk cukup bergengsi sebagaimana yang disampaikan Kakan Kemenag H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag dihadapan para peserta apel pagi Senin 30 Juli 2018 yang dirangkaikan dengan penyerahan piala dan bingkisan kepada para siswi berpretasi tersebut.

Selanjutnya menurut Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Drs. H. A. Muh. Baedawi, MM, selain Mirawati yang keluar sebagai Juara I, Azizah Aprilia Hasti yang meraih juara II pun dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti KSM tingkat Nasional yang akan digelar di Provinsi Bengkulu 17 - 21 September 2018 mendatang, karena menurut juknis, yang dapat dikirim ke KSM tingkat Nasional adalah Juara 1, 2 dan 3. Jelas Kasi Penmad setelah dikonfirmasi Humas Kemenag Bantaeng. (mhd)