Kasi Haji Kemenag Bantaeng : Saat Ini Seluruh Jemaah Kloter 15 UPG Telah Berada di Arafah

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Bertindak selaku pembina apel pagi di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng pagi ini, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Muhammad Tahir melaporkan bahwa saat ini seluruh jemaah kloter 15 UPG sudah berada di Arafah untuk persiapan melaksanakan wukuf.

Meski terdapat perbedaan terkait penetapan Hari Arafah atau tanggal 9 Zulhijjah antara kita di Indonesia dengan di Arab Saudi, H. Muhammad Tahir yakinkan bahwa Shalat Idul Adha di Indonesia secara serentak akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 Agustus 2018, berdasarkan hasil ru'yah/itsbath yang dilakukan oleh Kementerian Agama Pusat yang menetapkan 1 Zulhijjah 1439 H jatuh pada hari Ahad atau bertepatan dengan tanggal 12 Agustus 2018.

Kasi Haji juga melaporkan bahwa ke 185 jemaah haji Kab. Bantaeng ditambah 1 orang TKHD (Tenaga Kesehatan Haji Daerah) saat ini dalam keadaan sehat dan siap melaksanakan wukuf di arafah yanh akan berlangsung mulai pukul 13.00 hingga pukul 18.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau sekitar pukul 18.00.-23.00 Wita, meskipun kemungkinan 1 atau beberapa diantaranya harus di Safari Wukufkan karena kondisi pisik dan psikis dimana jemaah Bantaeng ini terdapat banyak jemaah lansia.

Lebih lanjut H. Muhammad Tahir menyampaikan bahwa bagi yang ingin melaksanakan puasa arafah (8 zulhijjah), hendaknya mengikuti pemerintah kita, yaitu hari Selasa besok (21 Agustus 2018) namun jika ada yang sudah terlanjur melaksanakan puasa hari ini, agar diniatkan puasa Senin-Kamis saja, atau puasa Tarwiyah yang juga disunnahkan Nabi. Demikian Kasi Haji. (mhd)