Pemilihan Ketua OSIS Di MTsN Bantaeng, Wujud Pembelajaran Direct Democracy

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Sabtu 15 September 2018 adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh para siswa MTsN Bantaeng, dimana pada hari ini siswa akan menyalurkan aspirasinya secara langsung melalui pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Menurut pembina OSIS MTsN Bantaeng Suhardi, S.Pd, pemilihan ketua OSIS secara langsung dan berpasangan ini sudah yang keempat kalinya dilaksanakan di MTsN Bantaeng.

"Mekanisme pemilihan hanya satu kali putaran saja, siapa saja pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak maka dialah yang ditetapkan sebagai pemenang". Ungkapnya

Dalam Kontestasi kali ini diikuti tiga pasang kandidat yakni pasangan Anggi Ramadhan dan Anugerah Amelia dengan nomor urut 1, pasangan Sampara dan Zaenal dengan nomor urut 2, dan pasangan Andi Indriana Nur dan Salmiah dengan nomor urut 3.

Pemilihan Ketua OSIS didahului dengan pembahasan tatib kemudian penyampaian dan penetapan LPJ Pengurus yang lama yang dilanjutkan dengan pemaparan visi-misi para kandidat dan sesi tanya jawab antara pemilih dengan kandidat.



Sesi selanjutnya adalah debat kandidat dan diakhiri dengan prosesi pemilihan dan penetapan "ketos" yang terpilih.

Semua siswa telah ditetapkan sebagai wajib pilih oleh Panitia Pemilihan yang merupakan unsur pengurus osis demisioner.

Namun dari 290 siswa wajib pilih, 61 siswa Siswa atau 21% tidak menggunakan hak pilihnya atau Golput, sedang 229 siswa lainnya atau sebesar 79% telah menggunakan hak pilihnya.

Menurut pembina OSIS MTsN Bantaeng, tingginya angka golput ini disebabkan oleh banyak hal diantaranya banyaknya siswa yang tidak hadir pada saat pemilihan dan beberapa siswa lainnya masih bersikap apatis terhadap kegiatan seperti ini.

Hal ini juga diakui oleh pembina Osis lainnya Ahmad Abni, S. Pd yang juga sebagai guru PPKn, menurutnya, ia akan melakukan identifikasi siswa yang golput lalu kemudian diadakan pembinaan terkait dengan hak dan kewajiban siswa dalam pembelajaraan demokrasi langsung-direct democracy.

Dari hasil perhitungan suara tersebut pasangan nomor urut 1 memperoleh suara sebanyak 134 (58,51%), pasangan nomor urut 2 sebanyak 16 (6,98%), dan nomor urut 3 sebanyak 77 (33,63%) dan suara batal sebanyak 2 suara (0,87%).

Berdasarkan hasil perolehan suara tersebut, pasangan nomor urut 1 Anggi Ramadhan dan Anugrah Amelia ditetapkan sebagai pemenang dengan kemenangan yang cukup telak.

Selamat bagi yang terpilih, semoga menjadi pemimpin yang amanah bisa merangkul semua siswa. Amin