Kantor Kemenag Bantaeng Gelar Bimwin Atas 30 Pasang Calon Pengantin

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng melalui Seksi Bimas Islam kembali menggelar Bimwin (Bimbingan Perkawinan) yang diikuti sebanyak 30 pasang Catin atau sebanyak 60 orang peserta.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari (Selasa/23 - Rabu/24 Oktober 2018) ini dibuka secara resmi oleh bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng H. Muhammad Yunus, S.Ag didampingi Plh Kasi Bimas Islam Abd. Halim Yakub, S.Ag, M.Ag bertempat di Aula Kantor Kemenag Bantaeng, (Rabu, 23 Oktober 2018).

Mengawali acara, Plh Kasi Bimas Islam melaporkan kepada bapak Kepala Kantor mengenai tujuan pelaksanaan dan jumlah peserta sebagaimana diatas.

Adapun tujuan Pelaksanaan Bimwin ini menurut Abd Halim adalah agar para calon pengantin memperoleh pengetahuan tentang bagaimana memasuki dan membangun mahligai rumah tangga yang terbangun dari pondasi yang kuat dan kokoh menurut Ajaran Islam.

Lebih lanjut Plh Kasi Bimas Islam menyampaikan bahwa BIMWIN juga merupakan ikhtiar Pemerintah untuk mengatasi penomena tingginya angka perceraian.



Sementara itu Kakan Kemenag H. Muhammad Yunus dalam sambutannya sesaat sebelum membuka Bimwin menyampaikam bahwa perkara menikah sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memanggilmu dengan sabdanya:

“Wahai sekalian pemuda, barangsiapa di antara kalian yang sudah mampu untuk menikah, maka segeralah menikah, karena nikah akan lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kehormatan". Demikian Hadist Nabi

Lebih lanjut Kakan Kemenag mengungkapkan bahwa di Indonesia jumlah Pernikahan itu cukup banyak, akan tetapi angka perceraian juga tinggi.

Dalam materinya yang berjudul "Menuju Keluarga Sakinah", Kakan Kemenag menyampaikan sebuah statetmen yang merupakan hadist Nabi berbunyi Didiklah anak-anakmu sebelum anda melahirkannya.

Sebelum mengakhiri sambutan sekaligus materinya, Kakan Kemenag memberikan tips kepada para calon pengantin bahwa Jika hendak melakukan hubungan suami Istri sebelumnya hendaklah mengambil Wudhu terlebih dahulu dan perbanyak mengingat Allah agar dari hubungan itu lahir anak-anak Shaleh/Shalehah sesuai yang diharapkan.

Selain Kakan Kemenag, 5 narasumber lainnya yang turut memberikan materi dan nasehat-nasehat perkawinan antara lain:

  1. H. Muh. Ahmad Jailani, S.Ag, MA, dengan materi berjudul Mengelola Dinamika Perkawinan dan Keluarga,
  2. Drs.M. Anwar Tabrani, MM, Refleksi dan Evaluasi,
  3. H.Hamka, SA.g, Memenuhi Kebutuhan Keluarga

Untuk jadwal hari ini ada 2 narasumber yang menyampaikam materi selepas Kakan Kemenag yakni :

  1. Abd. Rasyid, SKM, M.Kes (Dinas Kesehatan) dengan judul Materi "Menjaga Kesehatan Reproduksi Keluarga", dan
  2. Drs. Muslimin HR, MM, (Ka. KUA Kec. Bantaeng) dengan Judul materi "Mempersiapkan Generasi Berkualitas".