Hadiri Rakor Pokjaluh, Kakan Kemenag Bantaeng Himbau Untuk Berhati-Hati Dengan Berita Hoax

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - "Maaf, saya tidak seperti dulu lagi" Tagline itu terpampang di sekretariat Majelis Taklim Al-Mukminin binaan Ust. Abd. Azis Lallo, S.Ag, salah seorang Penyuluh Fungsional KUA Kec. Bantaeng, dimana segenap jajaran Penyuluh Fungsional lingkup Kantor Kemenag Bantaeng yang terhimpun dalam Pokjaluh Kantor Kemenag Kab. Bantaeng berkumpul guna mengikuti Rapat Koordinasi. (Rabu, 27/2/19).

Turut hadir pada Rakor Pokjaluh Kemenag Bantaeng edisi Februari 2019 ini, Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, Kasi Bimas Islam H. M. Ribi dan Kasi PHU H. Muhammad Tahir.

Dalam arahannya Kepala Kantor menyampaikan point-point penting sekaitan Tugas dan fungsi Kepenyuluhan.

Kepala Kantor menuturkan bahwa Silaturahim yang senantiasa terjaga merupakan nikmat yang tidak terhingga dari Allah Swt, untuk itu beliau menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih karrna telah mengundang beliau pada Rapat Koordinasi Pokjaluh kali ini.

Menurutnya, tantangan penyuluh di masa sekarang dan di masa yang akan datang tentunya akan semakin berat dan membutuhkan kreatifitas dan keterampilan untuk menumbuh kembangkan teknik metode dakwah yang kebih aplikatif.

"Metodologi yang selalu mencari bentuk baru dan selalu berkembang akan menguatkan gerak percepatan bimbingan dan penyuluhan sehingga terbentuk sebuah sistem yang lahir dalam sebuah kultur dan kesadaran jamaah.". Tuturnya

Lebih lanjut Kakan Kemenag juga menyoal mengenai fenomena hoax yang banyak melanda seluruh lapisan masyarakat sekarang ini.

Kakan Kemenag mengingatkan agar senantiasa berhati-hati dengan yang satu ini. "Jangan sampai seharusnya kitalah yang banyak berperan dalam mengendalikan berita-beeita hoax, tapi ternyata malah kita sebagai penyuluh Kementerian Agama yang ternyata ikut menjadi penyebar Hoax". Ujarnya.

"Untuk itu, jika ada informasi yang diperoleh baik di masyarakat maupun melalui media sosial, maka hendaknya kita Tabayyun dulu jika kemudian hendak membaginya". Tegas Kakan Kemenag

Tak lupa pula dalam kesempatan itu, Kakan Kemenag H. Muhammad Yunus mengajak para penyuluh untuk bersama-sama menggelorakan semagat Subuh berjamaah yang selama ini Kakan Kemenag galakkan di tengah-tengah masyarakat.

Beliau menghimbau kepada segenap penyuluh agar kiranya senantiasa memantau jadwal agar dapat turut serta pada setiap kegiatan Subuh Berjamaah yang dilaksanakan Kakan Kemenag di setiap desa/kecamatan.

Sementara itu, memasuki musim haji tahun 1440 H / 2019 M yang sudah memasuki tahap pengurusan Paspor, Kasi PHU H. Muhammad Tahir pada kesempatan itu juga menyinggung masalah pendampingan calon jemaah haji. (Sop/mhd)