Buka Raker Kemenag Bantaeng, Kakanwil Paparkan 3 Mantra Menteri Agama

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Bertempat di Hotel Bantimurung, Kab. Maros, Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng menggelar Rapat Kerja Penyusunan program dan anggaran tahun 2019 dengan tema: "Mengawal Moderasi Beragama, Menuju Kebersamaan Umat Dengan Integrasi Data Yang Akurat Dalam Mengoptimalkan Kinerja Kementerian Agama".

Raker diikuti sebanyak 30 orang peserta aktif yang terdiri dari Kepala Kantor, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, para Kepala Seksi, Penyelenggara Syariah, Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah Negeri, Unsur Pokjawas, Pokjaluh, dan Pokjahulu, ditambah sejumlah pengurus dan anggota DWP, serta para crew dan Pantia Raker sehingga secara keseluruhan peserta berjumlah sekitar 60 orang.







Rapat Kerja yang akan berlangsung selama 2 hari (27-28 Maret 2019) ini dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan H. Anwar Abubakar, S.Ag, M.Pd. (Rabu, 27/3/9).

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Maros H. Syamsuddin sebagai tuan rumah.

Kakan Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus dalam sambutannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dipilihnya lokasi Raker kali ini yang jauh dari wilayah kerja adalah agar semua peserta Raker dapat lebih fokus dan terbebas sejenak dari rutinitas keseharian baik urusan kantor terlebih urusan keluarga.

Dan dipilihnya lokasi wisata permandian Bantimurung ini lanjut Kakan Kemenag agar bisa merefresh fikiran demi menghasilkan rancangan dan inovasi program yang lebih baik.

Sementara itu, Kakanwil dalam sambutannya berharap agar Rapat Kerja yang dilaksanakan ini bukan sekedar seremonial belaka.

"Kita semua tentunya berharap kegiatan Raker seperti ini bukan hanya sekedar acara seremonial belaka atau sekedar melaksanakan kegiatan yang ada di DIPA akan tetapi bagaimana output dan outcomenya". Tutur Kakanwil

Lebih lanjut Kakanwil memaparkan 3 Mantra Menteri Agama yang menjadi tema sentral atau tema nasional tahun ini yakni Moderasi Beragama, Kebersamaan Ummat, dan Integrasi Data.

3 Mantra Menteri Agama yang selalu menjadi rujukan mulai di tingkat Provinsi hingga ke tingkat Kabupaten/Kota ini tak henti-hentinya secara berkesinambungan disuarakan baik Kakanwil maupun Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota disetiap kegiatan atau interaksi dengan para jajaran.

Moderasi beragama menurut Kakanwil adalah agar umat tidak tergelincir terhadap pemahaman keagamaan yang ekstrem kiri atau ekstrem kanan.

Ia mengingatkan, kepala dan guru madrasah untuk menyampaikan pesan moderat atau wasathiyah ketika mengajar pendidikan agama, dan tidak ekstrem atau berlebihan.

Mantra kedua yakni kebersamaan ummat. Menurut Kakanwil Kebersamaan Ummat dewasa ini semakin diperlukan karena terdapat perbedaan yang sudah semakin muncul ke permukaan.

Mantra ini sangat erat kaitannya dengan mantra pertama sebagai jembatan terwujudnya kebersamaan dan hidup rukun antar elemen bangsa.

Mantra terakhir adalah integrasi data menjadi sesuatu hal yang mutlak dan sangat penting. Tinggal bagaimana cara untuk mengintegrasikan, sehingga pendayagunaan dari data-data yang besar dan banyak itu bisa lebih maksimal dan optimal.

Pemaparan 3 Mantra atau juga biasa disebut 3 Matra Menteri Agama oleh Kakanwil H. Anwar Abubakar ini diselingi dengan candaan dan gurauan Kakanwil yang pernah bertugas selama kurang lebih 11 tahun di Kab. Bantaeng sehingga sambutan yang dilakukan dengan sikap berdiri ini tak sadar berdurasi selama kurang lebih 45 menit.

Selain Rapat Kerja Program dan Anggaran Tahun 2019, ditempat terpisah pada kesempatan ini juga kemudian digelar Rapat Kerja DWP Kantor Kemenag Bantaeng yang dipimpin langsung oleh Ketua DWP Hj. St. Hasnah Yunus.