Kemenag Bantaeng Bekerjasama Dinas Kesehatan Provinsi Dan Kabupaten Gelar Pengukuran Kebugaran CJH


Bantaeng, (Inmas Bantaeng) -Jelang keberangkatan calon jemaah haji (CJH) musim haji tahun 1440 H/2019 M, Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng menggelar pemeriksaan kesehatan bagi 185 CJH bertempat di Lapangan Pantai Seruni Bantaeng, Sabtu (30/3/19) pagi.

Pemeriksaan Kesehatan bagi CJH Kabupaten Bantaeng ini dilaksanakan dalam masa pelunasan BPIH tahap I yang dimulai sejak tanggal 19 Maret 2019 hingga 15 April 2019 (15 hari kerja), dan tahap kedua akan dimulai pada tanggal 30 April hingga 10 Mei 2019 mendatang.

Menurut petugas Dinas Kesehatan Provinsi, Pemeriksaan kesehatan ini berupa pengukuran kebugaran jasmani yang meliputi pengecekan untuk mengetahui riwayat kesehatan terkini CJH, riwayat penyakit terdahulu dan riwayat penyakit keluarga diantaranya pemeriksaan kondisi jantung, kolesterol, gula darah dan tekanan darah.

Dilanjutkan dengan pemeriksaan kondisi fisik dengan mengitari lapangan pantai seruni. Pada sesi ini, CJH Lansia dianjurkan cukup dengan jalan santai, sebagai bagi CJH usia muda dengan berlari-lari kecil sebanyak 20 kali putaran.

Hadir Kepala Seksi PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umroh) H. Muhammad Tahir, S.Ag, MM, yang juga turut menyampaikan arahan kepada seluruh CJH terkait persiapan pemberangkatan pada Musim Haji Tahun 1440 H/ 2019 M.

Kasi PHU berharap seluruh calon jemaah haji dapat menjaga kondisi kesehatan hingga menjelang keberangkatan, karena ibadah Haji menurutnya adalah ibadah fisik, Selain harus menempuh perjalanan yang jauh, rangkaian pelaksanaan ibadah haji pun membutuhkan tenaga yang tidak sedikit sehingga tentunya diperlukan fisik yang prima.

Menurut H. Tahir, seluruh CJH Bantaeng saat ini juga tengah mengikuti pendampingan dari para penyuluh agama di desa/kelurahan atau Kecamatan masing-masing untuk kemudian dilanjutkan dengan kegiatan manasik Haji Tingkat Kecamatan/Kabupaten yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini oleh KUA Kecamatan masing-masing selama 8 kali berturut-turut .

Jumlah calon jemaah haji Bantaeng yang akan berangkat tahun ini menurut H. Muhammad Tahir adalah sebanyak 185 CJH yang telah ditetapkan menurut SK Dirjen Haji tentang Daftar Calon Jemaah Haji yang berhak melunasi BPIH tahun 2019 ditambah 2 orang petugas yakni 1 orang PPIH (Ketua Kloter) dan 1 orang TKHI (Tenaga Kesehatan).

Secara umum menurut tim kesehatan dari tingkat provinsi, pemeriksaan kesehatan seluruh CJH ini menunjukkan hasil yang baik dan normal dan siap untuk mengikuti tahapan selanjutnya. (mhd).