MA Muhammadiyah Panaikang Bantaeng Terapkan Ulangan Semester Berbasis Android

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Aspek penting dalam kelanjutan sebuah negara, semakin baik sistem pendidikan yang diterapkan akan semakin baik pula generasi yang dihasilkan.

Terlebih saat ini perkembangan teknologi sangat berkembang pesat, sehingga keberadaannya bisa menunjang proses pembelajaran, terkait penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran di MA. Muhammadiyah Panaikang dalam tiga tahun terakhir berusaha memanfaatkan kemajuan ini untuk lebih mempermudah kegiatan proses pembelajaran di madrasah ini.

Tahun ini Penilaian Akhir Semester atau yang lebih dikenal dengan nama Ulangan Semester TA. 2018/2019 di MA Muhammadiyah Panaikang kembali menghadirkan Teknologi Informasi ke dalam pelaksanaan PAS tersebut. Meskipun hal ini sudah pernah dilaksanakan pada Semester-semester sebelumnya, namun kali ini ada banyak perbedaan dan perubahan secara signifikan dalam pelaksanaan PAS tersebut seperti Mata Pelajaran yang sebelumnya hanya beberapa yang diujikan menggunakan aplikasi, kali ini semua mata pelajaran telah diujikan melalui aplikasi mulai mata pelajaran Matematika rumus hingga Bahasa Arab.

Soal yang diujikan pun adalah soal essay yang bisa langsung diperiksa oleh guru mata pelajaran bersangkutan menggunakan akun masing-masing ketika siswa telah selesai mengerjakan soal.

Hal ini tentu semakin mempermudah segala rangkaian dalam pelaksanaan PAS baik itu guru maupun siswa karena guru tidak perlu lagi mengumpulkan lembar jawaban siswa lalu membawanya pulang untuk diperiksa akan tetapi kali ini guru tinggal login lewat Smartphonenya masing-masing soal pun sudah bisa diperiksa di mana pun dan kapan pun.

PAS yang dilaksanakan mulai hari Rabu 12 Juni 2019 ini baru akan berakhir pada hari Selasa 25 Juni 2019 sesuai dengan Roster yang telah dikeluarkan oleh Panitia PAS.

Wakil Kepala Madrasah MA. Muhammadiyah Panaikang bagian Kurikulum (Saharuddin, S.Pd.I., M.Pd.I) dan Wakamad Kesiswaan (Hasanuddin, S.Pd.I) pun sangat mendukung hal ini karena sangat membantu dan mempermudah dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester.

“Kami selaku Wakamad sangat berharap inovasi ini akan terus berlanjut di Madrasah kami dan terus dikembangkan kedepannya”. Papar para Wakamad tersebut. (rzl/mhd)