Kemenag Bantaeng Dukung Program GERMAS Dinkes Provinsi Sulsel

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Bertempat di ruang Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng, Jum'at (26/7) siang tadi,  H. Muh Ahmad Jailani, S.Ag, MA menerima kunjungan Tim Advokasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) Dinas Kesehatan Prov. Sulsel terkait survey tugas Kementerian Agama pada Gerakan Masyarakat Sehat di Kab. Bantaeng.

Mewakili Kepala Kantor Kemenag Bantaeng, bapak Kasubbag TU menyambut baik kedatangan tim yang terdiri dari ibu St. Hadidjah bersama rekannya ini.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ini mulai dicanangkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Syahrul Yasin Limpo) sejak Oktober 2017 sebagai bagian dari Gerakan 1000 Kebaikan (G 1000 G) Bidang Kesehatan dan sejak itu Gubernur Syahrul Yasin Limpo mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di 1000 titik di 24 kabupaten dan kota termasuk di Kabupaten Bantaeng.

Melalui Germas ini, Pemerintah memacu masyarakat menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, untuk meningkatkan produktifitas, dan mengurangi beban pembiayaan kesehatan.

Beberapa program kegiatan GERMAS yang bersentuhan dengan Kementerian Agama antara lain adalah:
  1. Bimbingan Kesehatan Pranikah untuk mendorong perilaku hidup sehat dan peningkatan status gizi calon pengantin serta mendorong pelaksanaan kegiatan rumah ibadah bersih dan sehat.
  2. Memperkuat fungsi Pos Kesehatan Pesantren dan upaya kesehatan Madrasah serta mendorong Madrasah sebagai KTR dan Madrasah Ramah Anak, dan
  3. Meningkatkan kegiatan aktivitas fisik/olahraga di Madrasah dan penyediaan sarana sanitasi Madrasah.
Pada dasarnya, Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng sangat mengapresiasi dan mendukung program GERMAS Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel ini dan berharap bisa bersinergi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.