KSM Tingkat Kabupaten Bantaeng Dibuka Kakan Kemenag, Pesertanya Meningkat 2 Kali Lipat Dari Tahun Sebelumnya

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dibuka secara resmi Sabtu (20/7/19) pagi oleh Kepala Kantor Kemenag Bantaeng, Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag, bertempat di MA Muhammadiyah Bantaeng, Kompleks Masjid Raya Bantaeng, Jalan Raya Lanto no. 75 Kab. Bantaeng

KSM tahun 2019 ini, menurut laporan Ketua Panitia yang juga tuan rumah pelaksanaan KSM H. Salahuddin SR, S.PdI, M.PdI mangalami peningkatan dari segi jumlah peserta yakni sebanyak 379 dari 54 madrasah yang mendaftar (MI, MTs, MA) atau meningkat sekitar 200% dari tahun sebelumnya yang menempatkan Kab. Bantaeng sebegai Kabupaten dengan jumlah peserta terbanyak ketiga setelah Kab. Maros dan Kab. Bone

Lebih lanjut H. Salahuddin melaporkan kepada bapak Kepala Kantor bahwa pendaftaran KSM ini berlangsung selama sebulan dan dilaksanakan secara online untuk pertama kalinya tahun 2019 ini KSM tingkat kabupaten berbasis CBT (computer base test) dan Provinsi Sulsel adalah ke 2 Nasional setelah Jakarta yang menerapkan sistem full CBT pada KSM 2019 ini.

Selain di MA Muhammadiyah Bantaeng, karena jumlah peserta yang membludak maka panitia memanfaatkan 2 lokasi ujian lainnya yakni di MA Marif NU Lasepang dan MA Marif NU Panaikang.

Peserta untuk MI (Madrasah Ibidaiyah) berjumlah 39 orang, untuk MTs (Madrasah Tsanawiyah) sebanyak 158 dan untuk MA (Madrasah Aliyah) sebanyak 197 orang.

Pelaksanaan KSM Tingkat Kab. Bantaeng ini menurut Ketua Panitia, terselenggara atas swadaya dan partisipasi masing-masing peserta yang tentunya tidak memberatkan dan dengan modal itu pulalah, para peserta yang lolos di tingkat Kab. Bantaeng ini menurut Ketua Panitia akan diutus ke tingkat provinsi.

Pembukaan KSM tingkat Kab. Bantaeng ini dapat kita simak bersama dalam rekaman video BERIKUT INI. (mhd)