Penyuluh Agama Asal Bantaeng Wakili Sulsel Di Ajang Pemilihan Penyuluh Agama Teladan Tingkat Nasional 2019


Jakarta, (Inmas Bantaeng) - Setelah melalui sejumlah tahapan mulai dari presentasi di tingkat kabupaten dan di tingkat provinsi, serta verifikasi dan monitoring di lapangan, hingga tahap penilaian portofolio dan video pendek yang dikirim langsung ke Kementerian Agama RI, kegiatan Pemilihan Penyuluh Agama Islam teladan kini memasuki tahapan puncak yakni Pemilihan Penyuluh Agama Islam teladan Tingkat Nasional tahun 2019 yang berlangsung di Jakarta (19-23 Agustus 2019) dan diikuti oleh 34 provinsi se Indonesia.

Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional tahun 2019 dibuka secara  resmi oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Prof. Dr. H. Muhammadiyah Amin, M.Ag bertempat di Hotel Holiday Jl. Gajah Mada, Jakarta Barat, (Senin, 19/08/2019).

Dalam sambutanya, Muhammadiyah Amin menyampaikan bahwa Kementrian Agama merasa berhutang moral terhadap penyuluh agama Islam Non PNS yang telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara termasuk menciptakan stabilitas keamanan terhadap faham-faham radikalisme dan terorisme yang fundamentalisem dan juga mendorong terciptanya masyarakat yg sejahtera melalui kelompok-kelompok produktif. Ungkapnya.

"Ajang lomba penyuluh ini bukan untuk saling memperlihatkan keunggulan peserta tetapi kementerian agama ingin mengukur secara umum sejauhmana penyuluh agama melakukan inovasi dalam perbaikan masyarakat". Tutur Dirjen.

Dalam lomba ini, Provinsi Sulawesi Selatan diwakili 2 orang peserta yakni: Hj Masniah, S.Ag, Penyuluh Fungsional (PNS) asal Kab. Soppeng dengan judul makalah "Peran Penyuluh Agama Islam Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat), dan Hamzah, S.Pd.I yang merupakan Penyuluh Non PNS asal Kab. Bantaeng dengan makalah berjudul  "Metode Pencegahan dan Penanganan Penyalahgunaan Narkoba".

Dalam ajang ini, peserta dari Sulawesi Selatan didampingi oleh Kepala Seksi Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Sulsel, H. Misbahuddin, MA, Kakan Kemenag Soppeng Dr. H. Huzaemah, M.Ag, Kepala Seksi Bimas Islam Kab. Soppeng, H. Muhammad Darwis, M.Ag, dan Ketua Pokjaluh Kab. Soppeng, Azsriana, S.Ag.,M.Pd.I.

Sedang Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag, dijadwalkan hari ini akan hadir memenuhi undangan bersama bapak Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Syah Azikin guna menyaksikan penerimaan penganugrahan dari Bapak Menteri Agama RI.





Penyuluh Agama Teladan asal Bantaeng, Hamzah, S.Pd.I sukses memaparkan makalahnya dihadapan dewan juri yang berasal dari unsur akademisi dan budayawan pada Selasa malam pukul 22,30 di hotel Holiday Jl. Gajah Mada, Jakarta Barat, (20/08/19).

Mari bersama mendo'akan Penyuluh Agama Teladan asal Sulawesi Selatan khusunya Penyuluh Non PNS asal KUA Kecamatan Pa'jukukang Bantaeng ini agar sukses melangkah ke tahapan selanjutnya yakni tahap 6 besar, dan semoga utusan Sulawesi Selatan ini meraih hasil yang terbaik di ajang Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional Tahun 2019 ini. Amiin ya Robbal Almaiin. (hmz/mhd).