Sosialisasi Pengukuran Arah Kiblat, Kemenag Bantaeng Hadirkan Narasumber Dari UIN Alauddin Makassar

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Diikuti sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari unsur penyuluh Agama KUA Kecamatan dan para pengurus masjid perwakilan 8 Kecamatan se Kab. Bantaeng, Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng melalui Penyelenggara Syariah (Binsyar) menggelar kegiatan Sosialisasi Pengukuran/Kalibrasi Arah Kiblat bertempat di Aula Kantor Kemenag Bantaeng. (Kamis, 26/9/19).

Sosialisasi dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng bapak Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag dengan mendatangkan narasumber dari UIN Alauddin Makassar yakni bapak Dr. Muh. Rasywan Syarif, S.Hi, M.Si.

Kakan Kemenag Dr. H. Muhammad Yunus dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada narasumber yang telah berkenan memenuhi undangan panitia.

Kakan Kemenag lebih lanjut mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi pengukuran atau kalibrasi arah kiblat ini sangatlah penting mengingat bahwa menghadap ke arah kiblat adalah salah satu syarat sahnya shalat.

Untuk itu menurut Kakan Kemenag menjadi penting untuk dipelajari dan difahami secara benar mengenai tata cara dan metode pengukuran arah kiblat yang benar demi kesempurnaan shalat kita di masjid.

Oleh karena itu lanjut Kakan Kemenag, kedatangan narasumber yang disebutnya sebagai manusia langka karena ilmu yang dimilikinya sangat jarang dimiliki dan ditekuni oleh orang lain ini menjadi sangat penting bagi jajaran Binsyar dan KUA Kecamatan untuk diikuti dengan serius demi menimba ilmu terkait pengukuran atau kalibrasi arah kiblat ini.



Sementara itu narasumber Dr. Muh. Rasywan Syarif, S.Hi, M.Si. dalam materinya mengungkapkan bahwa ilmu falaq yang di dalalamnya mempelajari tentang pengukuran/ kalibrasi arah kiblat ini memang merupakan ilmu yang tergolong sangat langka di Indonesia apalagi di Sulawesi Selatan, karena dari pengalaman sejak tahun 2014 sampai sekarang peminat jurusan ini di perguruan tinggi sangat minim sekali. Ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan praktik langsung mengenai cara pengukuran arah kiblat di halaman Kantor Kemenag Bantaeng dengan menggunakan alat pengukuran yang standar ditunjang dengan aplikasi berbasis android. Tampak para peserta mengikuti sosialisasi dengan penuh antusias.