Menghadapi UNBK 2020, MA Muhammadiyah Bantaeng Ikuti TBS Dan Tes Kepribadian

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Dalam menghadapi Ujian Nasional UNBK tahun ajaran 2019/2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyelenggarakan Tes Bakat Skolastik (TBS) tes bagi siswa dan tes kepribadian bagi tenaga pendidik. (Kamis, 3/10/19).

MA Muhammadiyah Bantaeng sebagai salah satu Madrasah yang berkemajuan tidak ketinggalan untuk mengikuti tes dimaksud.

Tes Bakat Skolastik diikuti seluruh siswa Kelas XII MA Muhammadiyah Bantaeng, sedang untuk tes kepribadian diikuti oleh 5 tenaga pendidik.

Kedua tes ini dilaksnakan dalam satu sesi. Tes bakat skolatik dilaksanakan semi online sedangkan tes kepribadian berlangsung secara online.

Untuk Tes Kepribadian bagi guru diikuti oleh: Wahyuni S.Pd (guru Bahasa Arab), Dahyar S.Pd (guru Sosiologi), Hasbiyah, S.Pd (guru Bahasa indonesia), Alma, S.Pd (guru bahasa Inggris), Putrini Idamanti S.Pd, (guru Biologi).

TBS merupakan alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. Penggunaan TBS untuk memberikan informasi potensi belajar siswa sehingga dapat melengkapi hasil tes prestasi yang sudah diterapkan di sekolah saat ini. Berbeda dari tes prestasi, TBS disusun tidak berdasarkan silabus mata pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar siswa baik logis maupun analitis.

TBS dikembangkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemendikbud sejak tahun 1990, yang dalam pengembangannya sedikit banyak mengacu pada pengembangan SAT (Scholastic Aptitude Test). SAT merupakan tes potensi yang digunakan sebagai salah satu alat seleksi masuk perguruan tinggi di Amerika. Salah satu keunggulan TBS adalah prosedur pengembangan butir soal yang sudah terstandar denganmelibatkan tenaga ahli dari beberapa perguruan tinggi, sehingga soal yang dikembangkan merupakan soal yang valid. Soal yang telah diuji kemudian dikelola dalam bentuk bank soal yang terkalibrasi sehingga hasil tes dari beberapa subtes yang berbeda, tahun yang berbeda, dan rakitan atau paket yang berbeda, akan dapat diperbandingkan. (slh/mhd)