Sambut Hari Santri, Rumah Tahfidz Al-Muhajrin Pa'jukukang Bantaeng Gelar Lomba MHQ

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Berawal dari sebuah diskusi kecil di awal oktober 2019 ini, para pengurus dan pimpinan Rumah Tahfidz Al-Muhajirin Kec. Pa'jukukang Bantaeng kemudian teringat bahwa hari santri tahun 2019 tak lama lagi akan dipringati.

Lalu muncullah ide dan inisiatif untuk mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Hari Santri tahun ini.

"MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur'an) kemudian coba dilempar kepada para santri untuk dilombakan dan ternyata respon mereka sangat besar dan mereka menyatakan siap dengan penuh antusias". Tutur Ustadz Muhajir melalui whatsapp kepada Humas Kemenag Bantaeng. (Jum'at, 18/10/19).

Selain MHQ, beberapa cabang lain juga ikut dilombakan, sehingga totalnya menjadi 9 cabang yakni:
  1. Hifdzil 1 juz (Juz 30 & 1 juz Al-Baqaroh)
  2. Hifdzil 2 juz (surah Al-Baqaroh)
  3. Hifdzil 5 juz pa/pi
  4. Lomba adzan tingkat SD
  5. Lomba Adzan tingkat SMP
  6. Tadarus
  7. Ceramah
  8. Hafalan surah pendek
  9. Karaoke lagu Islami.

"Lomba MHQ kita kolaborasikan dengan lomba-lomba bernuansa agama lainnya dengan tujuan agar semua santri,  baik yang baru maupun yang lama semua bisa berpartisipasi dalam lomba ini". Ungkap Muhajir.

"Satu hal lagi, perlu kami sampaikan kepada seluruh masyarakat utamanya bagi orang tua yang telah menitipkan anaknya di Rumah Tahfidz ini, bahwa selama lomba kami selalu siarkan di medsos secara live, sehingga kita semua bisa melihat penampilan anak-anak santri kita". Imbuhnya

"Hal ini bertujuan tiada lain adalah untuk syiar islam melalui medsos, agar para orang tua, teman atau saudara yang menyaksikan akan tergugah hatinya untuk  mengarahkan anaknya belajar dan rajin membaca Al-Qur'an". Tambahnya lagi

Peserta lomba ini khusus santri dari berbagai desa dan kecamatan, dan ada juga dari luar Kabupaten Bantaeng, diantaranya dari Bulukumba dan Jeneponto.



Dewan juri adalah para qari'ah mantan juara kabupten, diantaranya Ramlah hafidzah 20 juz,  Siti Nabila Putri hafidzah 1 juz, dan Juwita Putri juara Hafal Hadits.

"Harapan kami, lomba ini menjadi syiar, untuk terus menumbuh kembangkan semngat anak-anak untuk membaca dan menghafal, Al Qur'an". Harapnya.

"Adapun tema kegiatan lomba ini adalah "Mencetak Generasi Pecinta Al-Qur'an yang kompeten dan Berakhlakul Karimah, semaga lancar dan bernilai ibadah disisi Allah amiin". Tutupnya