Selangkah Lagi, Santri Ponpes DDI Mattoanging Ini Harumkan Bantaeng Di Tingkat Nasional


Bandung, (Inmas Bantaeng) - Kontingen  Sulawesi Selatan pada POSPENAS VIII 2019 di Bandung tampil full power dengan jumlah kontingen sebanyak 110 orang.

Ajang kompetisi tiga tahunan ini akan berlangsung selama lima hari (25-30/11/2019) oleh Menteri Agama RI Fachrul Razi di Stadion Arcamanik, Bandung pada Senin (25/11) malam.

Pospenas merupakan kerjasama antar kementerian yang dibentuk melalui nota kesepahaman antara Menteri Agama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Pariwisata. Tahun ini adalah ajang Pospenas ke delapan, sejak kali pertama digelar tahun 2001.

Pada Pospenas kali ini, sebanyak 3.090 orang santri akan terlibat. Di antaranya 1.541 atlit, 589 seniman, 960 official dan pendamping dari 34 provinsi.

Cabang yang dilombakan adalah atletik, bola voli, futsal, senam santri, dan permainan adat. Kemudian ada cabang kaligrafi, pidato tiga bahasa, seni lukis, seni kriya, hadrah, puidi dan stand up commedy.

Kontingen Sulsel pada event tingkat Nasional tahun ini akan mengikuti 4 cabang olahraga dan 4 cabang seni, sementara itu Kab. Bantaeng mengutus 3 orang santri yang merupakan juara Pospeda Tingkat Provinsi pada 3 cabang yakni Cabang Pidato Bahasa Inggris putri, Cabang Pencak Silat putri dan Cabang Lari Sprint putri

Di hari pertama pertandingan sebelum dan sesudah Seremoni Pembukaan, Sulsel sudah mencatatkan namanya di papan skor sebagai pemenang di babak awal di sejumlah cabang pertandingan, diantaranya Menang telak 2 set cabang Volly Ball melawan Sumatera Barat.

Selanjutnya dari cabang Pencak Silat kelas G Putera Sulsel menang telak 5 - 0 atas Prov. Kalimantan Selatan, dan pagi ini (Selasa, 26 November 2019) tim Futsal Sulsel meraup kemenangan besar dari lawannya yakni prov. Jambi dengan skor 8 - 0.

Di cabang Seni, Santriwati asal Bantaeng berhasil masuk babak Final pada cabang Lomba Pidato Bahasa Inggris atas nama Wanda Nurfadilah.



Santri Ponpes DDI Mattoanging Bantaeng yang duduk di Kelas 2 Madrasah Aliyah ini berhasil masuk ke babak Final setelah lolos di babak penyisihan yang digelar di Gedung Fakultas Sains dan Tekhnologi UIN Gunung Jati bandung, Selasa (26/11/19) pagi tadi.

Wanda merupakan finalis ke 2 dari 6 finalis yang akan berlaga di babak final yang dijadwalkan besok (Rabu, 27/11/19).

Mohon do'a dan dukungan dari seluruh masyarakat Bantaeng dan masyarakat Sulsel pada umumnya, semoga ananda Wanda Nurfadilah mampu menampilkan yang terbaik, dan keluar sebagai pemenang. (mhd)